Bupati Landak Serahkan Penggunaan Anggaran Satuan Kerja Pengelola Dana APBN di Wilayah Kabupaten Landak

oleh -337 views

NGABANG – Bupati Landak Karolin Margret Natasa, di aula Kantor Bupati Landak,  Selasa (18/12/18), menyerahkan Penggunaan Anggaran Satuan Kerja Pengelola Dana APBN di Wilayah Kabupaten Landak

Hadir dalam penyerahan itu,
Forkopimda Kabupaten Landak; Sekretaris Daerah Kabupaten Landak; Stap Ahli Bupati, Asisten Sekda, Kepala Baden, Kepala Dinas, Inspektur, Kasat Pol-PP,  dan Direktur RSUD di Lingkungan Pemerintah, Kepala Kanwil Direktorat Jenderal Perbendaharaan Provinsi Kalimantan Barat, Kepala KPPN Sanggau dan para Penggunaan Anggaran Satuan Kerja Pengelola Dana APBN di Wilayah Kabupaten Landak.

Dalam sambutannya Karolin menyatakan  acara Penyerahan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) Tahun Anggaran 2019 yang berada di wilayah Kabupaten Landak dengan tema “APBN untuk Mendorong Invested den Daya Saing melalui Pembangunan Sumber Daya Manusia”.

Mantan anggota DPR RI dua periode ini lebih jauh menegaskan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) merupakan Dokumen Pelaksanaan Anggaran yang disusun, dilaksanakan dan dipertanggungjawabkan oleh Pengguna Anggaran/Kuasa Pengguna Anggaran yang berlaku untuk 1 (satu) Tahun Anggaran.

Dalam konteks pengelolaan keuangan daerah DIPA ini lebih kita kenal dengan Daftar Pelaksana Anggaran (DPA) yang dilaksanakan oleh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD).

“Tahun Anggaran 2019 jumlah Satuan Kerja Kementerian /Lembaga dan Satuan Perangkat Daerah penerima pagu DIPA di wilayah Kabupaten Landak sebanyak 17 DIPA kepada 10 Kuasa Pengguna Anggran (KPA) dengan nilai alokasi sebesar Rp.14l.636.674.000,(Serums Empat Puluh Satu Milyar Enam Ratus Tiga Puluh Enam Juta Enam Ratus Tujuh Puluh Empat Ribu Rupiah),” kata ibu dua anak ini.

Rinciannya, kata Karolin, a. Belanja Pegawai Rp.82.663.436.000,b. Belanja Barang Rp.56.450.288.000, c. Belanja Modal Rp. 2.460.700.000, dan d.Belanja Bantuan Sosial Rp.62.250.000.

“Yang akan diserahkan pada hari ini,” kata Ketua Pemuda Katolik RI dua periode ini.

Sedangkan Alokaai Transfer ke Daerah dan Dana Desa Tahun Anggaran 2019 untuk Pemerintah Kabupaten Landak sebesar Rp.352.269.776.000; (Tiga Ratus Lima Puluh Dua Milyar Dua Ratus Enam Puluh Sembilan Juta Tujuh Ratus Tujuh Puluh Enam Ribu Rupiah).

Wanita kelahiran Mempawah ini menambahkan DIPA merupakan informasi satuan-satuan terukur yang berfungsi sebagai dasar pelaksanaan kegiatan dan penggunaan anggaran yang dapat dimanfaatkan sebagai alat pengendali, pelaksanan, pelaporan, pengawasan den sekaligus merupakan perangkat akuntansi pemerintah.

Alokasi pagu dalam DIPA merupakan hates pengeluaran tertinggi yang tidak boleh dilampaui dan pelaksanaannya harus dapat dipertanggungjawabkan. Guna untuk mempercepat pelaksanaan pembangunan dan pencairan anggaran di pusat dan daerah, proses administrasi penyelesaian dan penyampaian DIPA Tahun Anggaran 2019 dijalankan sebelum tahun berjalan dimulai.

Sebelum mengakhiri sambutan,  mantan anggota Fraksi PDI Perjuangan DPR RI  ini ingin mengajak semu untuk dapat melaksanakan dan mengelola dengan baik pagu DIPA Tahun Anggaran 2019 ini guna meningkatkan pertumbuhan ekonomi. Peningkatan layanan dasar publik dan peningkatan
kesejahteraan masyarakat secara berkeadilan.r ini.

Penulis: hi75
Editor: One

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *