Topdam XII/Tpr Ajak Warga Jaga dan Awasi Tapal Batas Negara

oleh -210 views

PONTIANAK – Kepala Topografi Kodam XII/Tanjungpura, Kolonel Ctp Dicky Harsono, M.D.A. yang diwakili Kasi Surdatatopdam XII/Tpr, Mayor Ctp Agus Surya menjadi narasumber pada acara Dialog Interaktif “Derap TNI” di RRI Pontianak, Jalan Jenderal Sudirman, Nomor 7, Kota Pontianak, Kamis (17/1/19). Dialog Interaktif kali ini mengambil tema “Sekilas Tentang Perbatasan RI-Malaysia”.

Dalam dialognya Kasi Surdatatopdam XII/Tpr, Mayor Ctp Agus Surya menyampaikan Topdam XII/Tpr, mempunyai Tugas Pokok menyelenggarakan penyediaan dan penyajian informasi Topografi wilayah melalui pembuatan, revisi peta dan data Topografi, analisa medan, serta pembuatan produk informasi Topografi dalam rangka mendukung tugas pokok Kodam XII/Tpr.

Dikatakan juga, Topdam XII/Tpr yang merupakan Badan Pelaksana Kodam XII/Tpr juga berperan sebagai Tim investigasi Kodam apabila ada pelanggaran yang menyangkut batas Negara, misalnya bila ada pilar hilang atau bergeser atau ada kegiatan lain yang berkaitan dengan batas negara.

Selain itu juga disampaikan, penyebab seringnya patok batas negara bisa hilang, bergeser atau berpindah tempat, ada beberapa sebab diantaranya karena ketidaktahuan orang, bahwa pilar atau patok tersebut merupakan pilar batas antar Negara, sehingga sengaja atau tidak sengaja dirusaknya atau dicabutnya. ada juga oknum yang dengan sengaja merusak, menghilangkan atau menggesernya untuk kepentingan tertentu dan ada juga yang disebabkan oleh karena faktor alam. Seperti tanah longsor dan tertimpa pohon.

Melalui acara dialog yang disiarkan secara langsung oleh RRI Pontianak,   Mayor Ctp Agus Surya menghimbau pada seluruh masyarakat khususnya yang berada di perbatasan apabila menemukan pilar batas tergeletak disuatu tempat atau tidak pada posisinya, agar melaporkan ke aparat dalam hal ini Satgas Pamtas. Satgas Pamtas akan mencatat/menginventarisir nomor pilar tersebut dan melaporkan ke Kolakops (Korem), Kolakops melaporkan ke Pangkoops (Kodam), selanjutnya Pangkoops akan melaporkan ke Panglima TNI. Dan selanjutnya akan dilaksanakan survey bersama antara Indonesia dan Malaysia untuk memposisikan kembali posisi pilar tersebut keposisinya semula.

“Mari kita bersama-sama saling menjaga dan mengawasi tapal batas negara kita,” pungkas Kasi Surdatatopdam XII/Tpr, Mayor Ctp Agus Surya diakhir acara.

Penulis: Pendam XII/Tpr
Editor: One

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *