Polisi Berikan Pengamanan Acara Ritual Adat di Lapangan Aepak Bola Desa Nyayum

oleh -459 views

NYAYUM – Tiga Anggota Polsek Kuala Behe Bripka Heri Candra Simatupang,Brigpol Anuar Sadat dan Briptu Riza Nasution ikut hadir dalam kegiatan Acara Ritual Adat (Baremah) Pembukaan Lapangan Sepak Bola di Desa Nyayum Kecamatan Kuala Behe pada hari Sabtu (19/01/19).

Pada kegiatan tersebut hadir juga
Kades Nyayum ( Utun S.Ag ),Temenggung Binua Dait Hilir Ds. Nyayum ( Kalitus Amen ),Pasirah Adat Desa Nyayum ( Sumadi, Gidul Satek dan May ),Bilal / Doa ( Saman, Ayeb dan Anus ), Sekreraris Desa Nyayum ( Ahian ),Kaur perencanaan desa Nyayum ( Samuel ),Kaur Keuangan Desa Nyayum ( Anti katarina ),Kasi Pemerintahan Desa Nyayum (Paulinus sudarso), Kadus Leban ( Reno ),wakil ketua bpd ( Idit ), Ketua Rt 01, Rt 02 Engkalong,Bripka Heri Candra Simatupang sebagi Bhabinkamtibmas Polsek Kuala Behe,Brigpol Anuar Sadat,Briptu Riza Nasution dan masyarakat Desa Nyayum sekitar 75 orang

Anggota Polsek Kuala Behe memanfaatkan situasi tersebut untuk menyambangi Warga dan memberikan imbauan agar seluruh Masyarakat setempat menjaga situasi Kamtibmas dalam Kegiatan Ritual Adat yang sekarang di sebut dengan nama baremah supaya tidak mengundang kesalahpahaman antar Warga menjadi poin penting dalam pesan Kamtibmas yang disampaikan oleh anggota Polsek Kuala Behe yang ikut hadir di acara tersebut, agar tidak terjadinya keributan pada saat setiap melakukan kegiatan Pertandingan sepak bola ataupun acara kegiatan lainnya

Kegiatan ini perlu didukung oleh kita semua, karena adat istiadat adalah sesuatu prosesi sakral sebagai alat kontrol dan ketahanan sosial. Warisan yang harus dilestarikan, karena adat merupakan kekuatan bagi masyarakat untuk hidup berdasarkan aturan lama yang ternyata sangat efektif.

Adat mengharuskan masyarakat hidup rukun, damai, saling mengasihi dan saling menghidupi. Suatu peristiwa yang terjadi sebagai akibat dari pelanggaran, tradisi ini sebagai salah satu cara untuk membersihkan diri sehingga masyarakat dapat kembali menjalani kehidupan dengan sebaiknya, sesuai tujuan dan nyaman menjalankan seluruh kegiatan.

Penulis : Heriyanto
Editor: One

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *