Wujudkan Desa Mandiri, Desa Hilir Tengah Gelar Sosialisasi Penanganan Bencana

oleh -343 views

NGABANG – Penanganan kebencanaan yang baik, menjadi salah satu indikator untuk menuju desa mandiri. Di Landak sendiri ada empat desa yang menjadi desa mandiri. Keempat desa itu yakni Desa Hilir Kantor, Desa Hilir Tengah dan Desa Amboyo Inti Kecamatan Ngabang. Kemudian, Desa Sompak Kecamatan Sompak.

Untuk menuju desa mandiri dengan indikator penanganan kebencanaan, pihak Desa Hilir Tengah menggelar kegiatan penanganan kebencanaan yang berlangsung di Desa Hilir Tengah, Rabu (23/1). Hadir sebagai narasumber, Plt Kabid Rehabilitasi dan Rekonstruksi BPBD Landak, Ivan Zulfisani. Kegiatan itu sendiri dihadiri Kades Hilir Tengah, Noliadi, Sekdes Hilir Tengah, Alpian, Bhabinkamtibmas Desa Hilir Tengah Brigadir Suprayitno, Babinsa Hilir Tengah, para Kadus, Ketua RT/RW dan aparatur desa lainnya.

Menurut Noliadi, penanganan kebencanaan termasuk dalam kategori desa mandiri.

“Kita di Desa Hilir Tengah sudah ada tiga orang anggota Tagana. Mereka bersinergi dengan desa dalam penanganan bencana,” ujarnya.

Ia mengakui, bencana yang sering terjadi di Desa Hilir Tengah yakni bencana banjir dan kebakaran. Sedangkan bencana yang lain tidak terjadi di desa itu.

“Bencana banjir memang merupakan bencana tahunan yang terjadi di desa kita ini. Apalagi di Desa Hilir Tengah ini memang ada sejumlah wilayah yang rentan banjir, terutama di wilayah pinggiran sungai,” jelasnya.

Noliadi berharap, dengan adanya sosialisasi penanganan bencana di Desa Hilir Tengah, tentunya desa mandiri akan dapat terwujud dengan baik.

“Oleh karena itu saya berharap dukungan dari seluruh masyarakat dan aparatur desa untuk bersama-sama mewujudkan desa mandiri,” harapnya.

Sosialisasi penanganan bencana itupun diisi juga dengan sesi tanya jawab.

Penilis: Irwanto
Editor: One

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *