Deklarasi Pemilu Damai 2019 Ini Demi Terciptanya Situasi Aman

oleh -1.050 views

KAYUNG UTARA – Jarum jam menunjukan pukul 11.00 WIB. Panasnya matahari begitu menyengat kulit. Sejumlah orang dari berbagai kalangan datang ke suatu tempat. Istana Rakyat. Lokasinya berada di Jalan Tanah Merah, Sukadana, Kabupaten Kayong Utara, Kalimantan Barat, ini telah digelar Deklarasi Damai Pemilu 2019.

Kepala Kepolisian Daerah Kalimantan Barat Inspektur Jenderal Polisi Drs Didi Haryono SH MH, hadir di sana. Jenderal bintang dua itu melihat langsung Deklarasi Damai Pemilu 2019 yang penuh keakraban dan kekerabatan.

“Saya selaku Kapolda menaruh perhatian besar, agar Pemilu 2019 ini berjalan aman, damai dan tenteram. Ini harapan kita semua,” tutur Kepala Kepolisian Daerah Kalimantan Barat Inspektur Jenderal Polisi Drs Didi Haryono SH MH.

Kepala Kepolisian Daerah Kalimantan Barat Inspektur Jenderal Polisi Drs Didi Haryono SH MH, berharap kegiatan tersebut tidak hanya berhenti di situ saja. Akan tetapi, musti ada perubahan berarti di tengah masyarakat. Caranya adalah, mensosialisasikan secara terus menerus kepada semua lapisan masyarakat soal Pemilu 2019.

“Ini sudah di depan mata pesta demokrasi segera dimulai. Jangan berleha-leha,” ucap Kepala Kepolisian Daerah Kalimantan Barat Inspektur Jenderal Polisi Drs Didi Haryono SH MH, mengingatkan.

Deklarasi Damai Pemilu 2019 di Kabupaten Kayong Utara ini dipimpin oleh Dahlia  S.Pd.I. Wanita berhijab itu merupakan Anggota Bawaslu Kabupaten Kayong Utara. Setelah itu, lalu dilanjutkan dengan penanda tanganan naskah deklarasi oleh peserta.

Anggota Bawaslu Kabupaten Kayong Utara, Dahlia  S.Pd.I, menjelaskan soal  maksud dan tujuan Deklarasi  Damai Pemilu 2019 ini agar masyarakat secara sadar dan punya keinginan untuk menciptakan Pemilu 2019 di wilayah masing – masing berjalan aman dan kondusif.

“Tentu ini menjadi harapan kita semua. Bahwa Deklarasi  Damai Pemilu 2019 musti dipahami dan dimengerti oleh semua lapisan masyarakat,” ujar mantan aktivis Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Pontianak itu.

Kapolres Kayong Utara, AKBP Asep Irpan Rosadi  S.I.K., M.P.A menyebut, kegiatan tersebut berlangsung berjalan aman dan lancar. “Kegiatan deklarasi damai ini dengan cara menyentuh langsung di masyarakat  dalam rangka mencegah agar situasi  aman dan  kondusif dalam Pemilu 2019,” kata Kapolres Kayong Utara, AKBP Asep Irpan Rosadi  S.I.K., M.P.A.

Kapolres Kayong Utara, AKBP Asep Irpan Rosadi  S.I.K., M.P.A berujar, memasuki masa kampanye sejak 23 September 2018 hingga 14 April 2019 merupakan massa yang rawan gesekan antar pendukung maupun pasangan calon, baik Presiden, DPD, Legislatif.

“Dengan semakin seringnya pelaksanaan deklarasi pemilu di masyarakat dapat menciptakan situasi keamanan dan perlunya pelibatan personel Bhabinkamtibmas didesa binaannya masing – masing dalam mensosialisasikan kampanye damai,” tutur Kapolres Kayong Utara, AKBP Asep Irpan Rosadi  S.I.K., M.P.A .

Kapolres Kayong Utara, AKBP Asep Irpan Rosadi  S.I.K., M.P.A berharap,  agar para personel yang terlibat operasi Mantap Brata 2019 selalu mengikuti perkembangan dan melakukan tugas sesuai dengan wilayah masing – masing. Ini dilakukan demi terciptanya Pemilu 2019 aman dan kondusif.

Sebagai informasi, kegiatan Deklarasi Damai Pemilu 2019 dihadiri oleh Kapolda Kalimantan Barat Irjen Pol Drs Didi Haryono SH MH, Bupati  Kayong Utara Drs Citra Duani,  Kapolres Kayong Utara Asep Irpan Rosadi  S.I.K., M.P.A, PJU Polda Kalbar, OPD Kabupaten Kayong Utara,  Para Kapolsek se- Kabupaten Kayong Utara,  Danramil  se- Kabupaten Kayong Utara,  Camat se- Kabupaten Kayong Utara, Kades se- Kabuapten Kayong Utara, Bhabinkamtibmas dan Bhabinsa.

Penulis:  Humas Polda Kalbar
Editor: One

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *