Gandeng WVI, Pemkab Landak Gelar Pelatihan Pengasuhan dengan Cinta Untuk Anak NGABAN

oleh -191 views

NGABANG,  LN

Pemerintah Kabupaten Landak melalui Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Landak (DP2KBP3A) bekerjasama dengan Wahana Visi Indonesia (WVI) mengadakan pelatihan Pengasuhan Dengan Cinta.

Pelatihan ini akan berlangsung selama tiga  hari kedepan, mulai dari tanggal 20 hingga 22 Maret 2019 yang diselenggarakan di Aula Kantor Dinas PUTR Kabupaten Landak yang diikuti sebanyak 30 orang yang merupakan perwakilan orang tua berasal dari lima desa di Kecamatan Ngabang dan Kecamatan Jelimpo yaitu Desa Tubang Raeng, Tebedak, Jelimpo, Angan Tembawang dan Dara Itam.

Bupati Landak dr Karolin Margret Natasa berharap dengan diadakannya kegiatan pelatihan ini dapat mendorong peserta yang hadir selaku orang tua untuk menjadi pelopor yang dapat dicontoh oleh masyarakat yang lain dalam melakukan pola asuh yang baik kepada anak.

“Kita ingin para orang tua untuk menerapkan pola asuh dengan cinta kepada anak dan menjadi pelopor dilingkungan terdekat untuk menjadi contoh bagi masyarakat lainnya,” ujar Karolin.

Koordinator Pendidikan WVI Venny Samosir mengatakan, kegiatan ini merupakan nota kesepahaman antara Pemerintah Kabupaten Landak dan Wahana Visi Indonesia terkait program Desa Layak Anak.

“Berdasarkan hasil baseline survey oleh WVI pada tahun 2017 masih ada 89,8 persen orang tua mendidik anaknya dengan kekerasan,” ujar Venny, Rabu (20/3/2019).

Melihat fenomena ini Venny mengingatkan kepada para peserta bahwa peran orang tua sangat penting dalam menciptakan lingkungan yang layak bagi anak.

“Secara peraturan memang Pemerintah sudah berupaya melakukan perlindungan anak, tetapi sebenarnya yang paling berperan dan memberikan pengaruh besar dalam mewujudkan lingkungan yang layak bagi anak adalah orang tua itu sendiri,” jelas Venny.

Pelaksana Tugas Dinas DP2KBP3A Kabupaten Landak Bernadus berharap kepada para orang tua agar dapat bekerjasama dengan baik bersama pemerintah dalam memberikan perlindungan terhadap anak.

“Kami berharap dengan kegiatan ini Bapak Ibu bisa menjadi perpanjangan tangan Pemerintah Kabupaten landak dan Wahana Visi Indonesia untuk mempromosikan dan mendorong orang-orang disekitar kita melakukan perlindungan anak,” ujar Bernadus.

“Terimakasih karena Bapak Ibu telah bersedia menjadi perpanjangan tangan Pemerintah Kabupaten Landak dalam rangka mempersiapkan generasi yang yang bagus kedepannya,” sambungnya.

Dalam kesempatan ini juga Bernadus mengingatkan para orang tua untuk lebih mengawasi pergaulan anak agar tidak menggunakan obat terlarang.

“Kami juga mengingatkan agar selalu mengawasi anak-anaknyanya agar tidak menggunakan obat terlarang ataupun narkoba demi menjaga generasi Kabupaten Landak kedepan menjadi lebih baik,” pugkas Bernadus. (MC-004)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *