Tim Wasev Mabes TNI, Cek TMMD Di Desa Sekai

oleh -781 views

NGABANG,  LN

Bertempat Balai Desa Sekais Kecamatan Jelimpo, pagi tadi Kamis (21/3) telah dilangsungkan kegiatan Pengarahan Tim Wasev TMMD Ke -104 TA. 2019 dari Mabes TNI yang dipimpin oleh Kolonel Inf Bambang Sulistyantoro.

Hadir dalam kegiatan tersebut antara lain Sekda Landak Vincensius.S,Sos.MMA, Anggota DPRD dari Fraksi PKPI Anjiu, Camat Jelimpo L.Toto Martono. S.Sos, Waka PolseK Ngabang Ipda Hertomo dan sekitar 200 orang terdiri dari Satgas TMMD, Personil Polri, Dinas Kesehatan dan warga setempat.

Acara dibuka dengan pemaparan capaian hasil kerja yang disampaikan langsung oleh Dandim 1201/MPW selaku Kasatgas TMMD Letkol Arm Anom Wirasunu.

Selain memaparkan karakteristik dan demografi wilayah Desa Sekais, Anom lebih banyak menyampaikan tentang tahapan capaian kerja satgas TMMD yang menurutnya sudah pada tahap penyelesaian akhir. Ia juga menyebutkan bahwa program kerja yang bersifat fisik maupun non fisik menurutnya sudah berjalan sesuai target.

Dikatakannya bahwa kegiatan TMMD di Desa Sekais sudah bejalan selama 3 minggu dan tanggal 27 Maret minggu depan akan berakhir.

“Sasaran fisik berupa rehab jalan sepanjang 7.8 Km dan pembuatan jembatan sudah hampir mencapai 100 persen, tinggal finishing saja, harapannya dengan hasil ini dapat meningkatkan interaksi masyarakat, ” sebut Anom.

“Untuk sasaran non fisik kita sudah jalankan program berupa penyuluhan bela negara, kamtibmas, perkebunan dan kesehatan, ” paparnya.

Pada acara pokok yaitu pengarahan Tim Wasev yang disampaikan oleh Kolonel INF Bambang Sulistyanto
ro mengucapkan terimah kasih atas dukungan semua komponen baik pemerintahan maupun masyarakat yang turut membantu dan mensukseskan program TMMD.

Disampaikannya bahwa program TMMD sudah berjalan selama 39 tahun dimulai sejak tahun 1980 yang dahulu dinamakan AMD atau Abri Masuk Desa  dan seiring waktu sekarang dinamai TMMD. Dalam pelaksanaannya kegiatannya TMMD lebih berfokus di pedesaan karna desa mempunyai peran yang penting dalam pembangunan dan sebagian besar masyarakat Indonesia tinggal dipedesaan.

“Desa merupakan peran penting didalam pemerintahan negara, desa merupakan pertahanan terakhir dalam pertahanan negara” sebut Bambang pada amanatnya.

Dalam arahannya Bambang juga memaparkan hitungan total capaian hasil kerja TMMD diseluruh Indonesia.

Usai Pengarahan, kegiatan dilanjutkan dengan kegiatan Baksos berupa pengobatan gratis dan sunatan massal   dengan mengambil tempat halaman sekolah SDN 14 Desa Sekais yang diback up dari Dinas Kesehatan Kabupaten Landak. Dan diakhir kegiatan dilakukan pengecekan langsung terhadap sasaran fisik program TMMD.

Penulis : Irwanto

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *