Bupati Landak Imbau Seluruh Pers Sajikan Berita Yang Berimbang

oleh -88 views

NGABANG – Bupati Landak dr. Karolin Margret Natasa mengajak seluruh pers untuk menyajikan berita yang berimbang sehingga tidak merugikan salah satu pihak.

Hal itu disampaikan Bupati melalui sambutannya yang disampaikan oleh Yohanes selaku Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Landak  saat membuka rapat koordinasi mengenai publikasi kegiatan pemerintah daerah bersama media cetak, media online, radio dan televisi di Kabupaten Landak Tahun 2019 yang diselanggarakan oleh Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Landak di aula BKPSDM, Selasa (21/5/2019).

Rapat koordinasi ini  dihadiri oleh para wartawan media cetak, media elektronik, dan media online dan para tamu undangan lainnya.

“Saya mengajak kepada seluruh pers untuk menyajikan berita yang berimbang, sehingga tidak merugikan salah satu pihak, selain itu saya juga mengajak pers untuk tidak menyebarkan berita HOAX,” ujar Yohanes.

Rapat Koordinasi dengan para awak media di Kabupaten Landak tersebut bertujuan untuk memtertibkan dan mempelancar proses publikasi oleh media cetak, elektronik maupun online dalam mempublikasikan kegiatan Pemerintah Daerah.

Selanjutnya Yohanes menyampaikan bahwa pers sangat penting dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa melalui berbagai informasi yang disampaikan.

“Pers memiliki pengaruh besar dalam menggiring opini publik agar memiliki banyak pandangan sama seperti yang disampaikan,” tukas Yohanes.

“Tantangan yang dihadapi insan pers semakin nyata, dalam hal ini saya mengingatkan kepada pelaku media untuk terus berinovasi dalam menghadapi derasnya arus digitalisasi,” sambungnya.

Dalam sambutannya Karolin juga mengungkapkan sekarang ini tak sedikit analisis yang memprediksi bahwa media massa akan tergeser oleh popularitas media sosial dan media online yang lahir secara masif. Kondisi ini, justru rawan melahirkan produk berita yang mengandung informasi bohong atau HOAX dan porsi berita yang tak berimbang.

“Oleh karena itu, saya yakin keberadaan media cetak, online, dan penyiaran yang terverifikasi masih mampu untuk menjadi media yang memberikan informasi aktual dan sesuai fakta”, ujar Yohanes.

Diakhir sambutannya Yohanes mengimbau kepada semua awak media yang hadir agar bersikap arif  dalam memanfaatkan kebebasan pers.

“Di dalam kebebasan pers ini,  saya berharap kita semua sangat arif dalam mengambil keputusan, terutama dalam menyampaikan berita, jika ada kritik maupun saran agar bertujuan untuk membangun Kabupaten Landak yang kita cintai”, pungkas Yohanes. (MC-005)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *