Desa Antan Rayan Gelar Panen Raya Padi

oleh -65 views

NGABANG, KALBAR – Ratusan warga antan rayan secara bersama-sama turun kesawah dalam rangka turut bergembira dan memeriahkan kegiatan panen raya padi. Rabu (21/8/19).

Menurut Yosia Saban salah seorang dari ketua kelompok tani mengatakan bahwa tujuan dari kegiatan panen raya ini agar masarakat petani termotivasi dan berlomba untuk meningkat kan hasil panennya. Selain itu kegiatan seperti ini juga dapat menumbuhkan dan memupuk rasa kekompakan dalam kelompok kerja.

Kades Atan Rayan Mardono yang hadir di panen raya tersebut mengungkapkan harapannya agar para petani Antan Rayan untuk terus berinovasi dan meningkatkan produk hasil taninya sehingga dapat meningkatkan pendapatan keluarga.

“Teruslah kembangkan diri… ubah pola petani tradisional menjadi petani profesional, ” ajaknya.

Turut hadir sebagai nara sumber dari Kantor Penyuluh pertanian Kabupaten Landak Irwandi yang membidangi POPT ( pengedalian organisme penggangu tanaman ) menyampaikan opsi dan pembekalan kepada para petani setempat tentang tehnis pengendalian terhadap hama yang menjadi musuh terbesar petani.

Menurut Bhabinkamtibmas Desa Antan Rayan Bripka Mardian mengungkapkan bahwa hasil jumlah timbangan, tonase hasil panen mengalami peningkatan dari tahun-tahun sebelumnya.

“walau dilanda kemarau, namun karena irigasi dan bendungan berfungsi baik maka air yang ada cukup untuk mengairi sawah disini, dan kita lihat hasil panennyapun meningkat” ungkap Mardian.

Penulis : Mardian

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *