Home / Pemda Landak

Jumat, 22 November 2019 - 18:02 WIB

Akhirnya Rusalan Ditangkap Polisi

NGABANG –Masih ingatkan anda dengan Ruslan? Pria asal Mempawah Hulu yang sempat viral karena postingan yang berjudul “Penjahat Masuk Landak” beberapa waktu lalu. Ia kini mendekam di ruang tahanan Polres Landak sejak Minggu (17/11) lalu. Ia diamankan atas laporan pengancaman dan Curanmor.

Kasat Reskrim Polres Landak Iptu Idris Bakara menjelaskan, RS alias Ruslan ditangkap pada Minggu (17/11) lalu di wilayah hukum Polsek Sungai Kunyit. Atas laporan salah seorang warga Mempawah Hulu yang merasa diancam untuk menyerahkan sejumlah uang pada pelaku.

“Dengan dasar itu, kami melakukan pencarian kepada Ruslan untuk melakukan klarifikasi terkait masalah pengancamannya,” katanya.

Pelaku diamankan di Desa Dungu pada Minggu (17/11) sekitar Pukul 04.00 WIB di rumah salah seroang keluarganya. Saat dilakukan pengamanan, ditemukan senjata tajam berupa pisau. Namun pada saat penangkapan tidak ada perlawanan darinya. RS pun segera diangkut menuju Mapolres landak untuk dilakukan pemeriksaan.

Kasat melanjutkan, pihaknya lalu melakukan pengembangan terhadap kasus tersebut. Ternyata sudah ada aduan atas kasus Pencurian Kendaraan Bermotor (Curanmor) di Sengah Temila. Kasus Curanmor tersebut terjadi pada 7 Agustus lalu. Bahkan sempat terjadi aksi kejar-kejaran antara warga dan pelaku. Namun pelaku berhasil melarikan diri.

Baca juga  Heriadi Hadiri Paskah dan Naik Dango di Muun

Pihaknya lalu memeriksa para saksi. Dari sana, ciri-ciri pelaku cocok dengan Ruslan. “Semua keterangan saksi menyamakan ciri-ciri pelaku dengan Ruslan. Dan barang bukti berupa sepeda motor hasil curian tersebut juga sudah kami amankan,” katanya.

Ruslan diancam tindak Pidana Pencurian dalam Pasal 363 KUHP dinamakan dengan tindak pidana pencurian dengan pemberatan.

Sempat Viral

Diberitakan sebelumnya, Media Sosial (Medsos) baik Facebook dan WhatsApp mendadak viral dua hari belakangan ini, dengan adanya informasi berjudul “W A R N I N G Penjahat Masuk Kawasan KABUPATEN LANDAK”

Sosok Ruslan, sempat pun menjadi buah bibir. Kembalinya Ruslan ke kampung halamannya di mempawah Hulu, ternyata tak disambut hangat masyarakata. Terlebih ia ternyata sering meminta ssejumlah uang kepada warga.

“Masyarakat di daerahnya merasa tidak nyaman atau resah dengan keberadaannya dia saat ini. Ada beberapa masyarakat yang sempat dihubungi dan ditemui yang pada intinya meminta uang,” katanya.

Baca juga  RAPI Landak Gelar Bankom Natal

Bahka, permintaan tersebut dilakukan secara rutin, masyarakat pun merasa kewalahan. Masyarakat akhirnya tidak merespon SMS dan telpon dari Ruslan. Dari situ, RS pun menyerbar ancaman lewat SMS atau telpon.

“Dari hal itu masyarakat itu mulai resah, timbullah postingan tersebut. Dampak sosialnya luar biasa. RS ini memang sudah banyak mengganggu keamanan,” jelasnya.

Namun, ketika postingan itu timbul, masyarakat pun bertanya-tanya siapakah sosok Ruslan ini. Pihaknya pun telah mengimbau kepada masyarakat untuk melaporkan secara resmi ke kantor polisi seandainya sudah ada korban atau timbul kerugian atas tindakannya.

“Silahkan secara resmi ke kantor polisi buat laporan. Setelah kami himbau agar tidak membuat berita yang simpang siur. Lakukan pelaporan secara resmi,” tutupnya.

Penulis: Tim Liputan

Share :

Baca Juga

Pemda Landak

Bupati Landak Gelar Lelang Jabatan untuk Perkuat Birokrasi dan Pelayanan Publik

Pemda Landak

TNI Ajak Masyarakat Indonesia Untuk Berdoa Bersama 17 17 17

Pemda Landak

Heriadi Hadiri Paskah Bersama Keluarga Nek Legoh

Pemda Landak

Pertandingan Cabor Selam Berakhir, Hasilkan 7 Mendali

Pemda Landak

Warga Dukung Bupati Landak Larang Pasar Malam, Perayaan 17 Agustus Sepi Hindari Pandemi

Pemda Landak

Fachruddin D. Siregar Lantik Pengurus KONI Landak

Pemda Landak

PENGUMUMAN: DAFTAR CALON SEMENTARA ANGGOTA DPRD LANDAK PEMILU 2019

Pemda Landak

Pemkab Landak Libatkan Masyarakat Dalam Proses Perencanaan Pembangunan
error: Content is protected !!