Polsek Menyuke Himbau Warga Untuk Cegah Kebakaran Hutan dan Lahan

oleh -123 views

NENYUKE – Anggota Polsek Menyuke Polres Landak Bripka Aloysius bersama Anggota, gencar melakukan sosialisasi/himbauan bahaya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) kepada warga masyarakat di Desa Mamek Kecamatan Menyuke, Sabtu (23/11/2019).

Kapolsek Menyuke Iptu Sujiyanto menjelaskan, kegiatan dilakukan langsung mendatangi warga sebagai langkah awal pihak kepolisian dalam melaksanakan upaya pencegahan dini terjadinya Karhutla.

“Kegiatan sosialisasi/himbauan ini merupakan langkah cepat yang dilakukan dalam upaya sedini mungkin mencegah terjadinya Karhutla, meskipun saat ini musim penghujan, kami meminta masyarakat untuk berperan aktif dalam pencegahan dengan memberikan informasi apabila mengetahui adanya kebakaran lahan atau hutan.” ucapnya.

Ia berharap kepada seluruh pihak baik dari pemerintah terkait dan seluruh lapisan masyarakat untuk bersama saling mengingatkan dan saling mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan karena karhutla adalah masalah yang serius dan harus dicegah bersama-sama.

“Dampak negatif yang diterima oleh masyarakat sangat banyak seperti menyebabkan banjir karena hutan gundul, korban materil, korban nyawa serta ganguan kesehatan ISPA, jadi kami sampaikan kepada masyarakat bahwa pelaku pembakaran lahan atau hutan sesuai dengan undang-undang No. 32 tahun 2009 pasal 108, pelaku dapat dijerat hukuman penjara maksimal 10 tahun dan denda maksimal 10 miliar rupiah, ” tambahnya.

Penulis : Ewaldus Leo

landaknews.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *