Inilah Sengketa Lahan Berakhir Dengan Problem Solving

oleh -74 views

MEMPAWAH HULU – Kanit Reskrim Polsek Mempawah Hulu Bripka. Adventus Veno,SH berhasil melakukan mediasi dan penyelesaian masalah (Problem Solving) sengketa tanah yg berlokasi di Dusun Tiang Aping Desa Tunang Kecamatan Mempawah Hulu Kabupaten Landak, Selasa (26/11/2019).

Berawal dari adanya Pengaduan dari masyarakat kepada unit reskrim polsek mempawah hulu masalah sengketa lahan pertanian antara Agong dan Ukok yg merupakan warga masyarakat Dusun Tiang Aping Desa Tunang Kecamatan Mempawah Hulu.

Menanggapi Pengaduan tersebut Bripka Adventus Veno selaku Kanit Reskrim dengan sigap menerima laporan pengaduan serta berkoordinasi dengan pengurus adat Desa Tunang untuk segera melakukan pertemuan untuk menyelesaikan masalah tersebut.

Mediasi yang dilakukan oleh Bripka Adventus Veno dan pengurus adat akhirnya menghasilkan Problem Solving antara warganya yang telah berselisih paham tentang lahan pertanian dengan menyepakati beberapa hal yang sudah di tentukan.

Dengan demikian berdasarkan surat kesepakatan bersama yang dibuat oleh kedua belah pihak yang diketahui oleh pihak pengurus Desa Tunang dan pengurus adat serta Saksi dari masing- masing pihak yg berperkara maka fasilitator mediasi memutuskan bahwa lokasi yg di permasalahkan di bagi menjadi yaitu daerah tanah sawah milik Sdr. AGON sedangkan Lereng tempat berladang merupakan tanah milik Ukok.

Kapolsek Mempawah hulu IPDA.  Zulianto saat dikonfirmasi membenarkan bahwa Kanit Reskrim telah melakukan mediasi terkait sengketa lahan pertanian antara masyarakat desa tunang yaitu antara sdr. Agon dengan sdr.

Kapolsek juga mengatakan bahwa Polsek Mempawah Hulu sangat mendukung apabila masih ada pihak-pihak yang menginginkan mediasi sebagai upaya penyelesaian suatu perkara.

Polsek Mempawah Hulu selalu siap untuk masyarakat, sesuai dengan arahan pimpinan bahwa polri harus selalu dekat dengan masyarakat.

Penulis: Vens

landaknews.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *