Home / Polri

Rabu, 27 November 2019 - 13:55 WIB

Perayaan Syukuran dan Ramah Tamah HUT  Ke-22 Tahun Yon Armed 16 Komposit

NGABANG – Syukuran dan Ramah Tamah Hut Ke-22 Tahun Yon Armed 16 Komposit yang dilaksanakan di Aula Markas Komando Yon Armed 16 Komposit Ngabang. Rabu (27/11/19).

Turut hadir pada kegiatan tersebut Bupati Landak dr.Karolin Margaret Natasa, Pangdam XII Diwakili Pamin sahli Kodam XII, Kajasdam XII, Kapolres Landak AKBP Ade Kuncoro Ridwan SIK,Kajari Landak,Ketua DPR Kabupaten Landak bpk. Harisaman, Sekda Kab. Landak bpk. Vinsensius, Ketua Pengadilan Negeri Ngabang Bpk.Stefana Purwanto SH.MH, Dandim 1201/Mph Diwakili Pabung 1201/Mph Kpt. Inf. Sudiweko, Kadis Hub. Kab. Landak Bpk. Jaya Saputra, Kapolsek Ngabang, Dansub PM Ngabang Diwakili Pelda Mahfud serta tamu undangan lainnya dari Toga,Tomas dan Todat.

Kegiatan diawali dengan pembacaan sejarah singkat mengenai Yon Armed 16 Komposit,Batalyon Artileri Medan 16/Tumbak Kaputing atau Yon Armed 16/TKP merupakan satuan Batalyon artileri yang berada di bawah komando Kodam XII/Tanjungpura. Pembentukan Batalyon Artileri Medan 16/105 Tarik direncanakan pada program kerja TNI AD Tahun Anggaran 1983/1984 dan baru dapat direalisasikan 1 (satu) Baterai A 105mm/Tarik berkedudukan di Ngabang Kalbar. Pada tahun 1996 dibentuk 1 Baterai Armed kembali berkedudukan di Tenggarong Kaltim yang diberi nama Baterai B 105mm/Tarik.[1] Rencana Yonarmed 16/105/Tarik akan mendapatkan KH-179 Howitzer 155mm. Meriam Tarik yang mempunyai caliber terbesar Armed TNI AD.

Baca juga  Propam Polsek Ngabang Cek Senpi, Amunisi dan SIPSA

Batalyon Artileri Medan 16/105 Tarik melaksanakan pergeseran dari Pusdik Armed Pussenart TNI AD, Cimahi ke Kodam VI/TPR yang berkedudukan di Ngabang Kalbar di bawah pimpinan Mayor Art Zainal Mahrudi selaku Komandan Batalyon. Pelaksanaan pergeseran personel dan materiil dilaksanakan pada tanggal 21 Oktober 1997 dengan menggunakan KRI Teluk Lampung dan tiba di Pontianak pada tanggal 24 Oktober 1997.

Berdasarkan Surat Keputusan Kasad Nomor: Skep/555/XI/1997 tanggal 21 November 1997 Batalyon Artileri Medan 16/105 Tarik diresmikan pada tanggal 24 November 1997 oleh Pangdam Mayor Jenderal TNI Muchdi Purwoprandjono Dari segi personel Batalyon Artileri Medan 16/105 Tarik merupakan perekrutan dari 15 ( lima belas) satuan Armed di seluruh Indonesia.

Dalam sambutannya Danyon Armed 16 Mayor Arm Yoga Permana S Sos dalam kesempatan itu mengucapkan terimakasih atas kehadiran seluruh tamu undangan yang telah berkenan hadir.

“Kami atas nama seluruh anggota Batalyon Armed 16/Komposit beserta anggota Persit sangat bersyukur, karena telah diterima di kalangan masyarakat Landak,” ucapnya.

Lanjut Yoga, Yon Armed 16/Komposit menjadi besar seperti sekarang ini tentu berkat dukungan dan kerjasama serta sumbangsih seluruh prajurit Armed 16/Komposit dan masyarakat Kabupaten Landak.

Baca juga  Apel Pagi Polsek Mandor "Sebagai Komitmen Awal Pelaksanan Tugas"

“Harapan ke depan, semoga kita selalu bersinergi bersama pemerintah daerah dalam membangun Landak, dan membantu Kodim dalam bidang teritorial dan kepolisian dalam  bidang Kamtibmas,” terang Danyon.

Mayor Yoga juga mengajak kepada seluruh anggota Batalyon Armed 16/Komposit dan anggota Persit tetap jaga selalu kekompakan. “Tetaplah profesional dalam menjalankan tugas, dan semoga Armed selalu jaya ke depan,” ungkapnya.

Sementara itu Kapolres Landak AKBP Ade Kuncoro SIK mengucapkan selamat atas HUT Yon Armed 16 ke 22.

“Atas nama Kepolisian Resor Landak Saya Kapolres Landak selaku pimpinan mewakili Kepolisian Resor Landak juga mengucapkan terimakasih dan apresiasi yang setinggi tingginya karena sampai saat ini hubungan silahtuhrahmi dan sinegritas antara TNI-Polri tetap terjaga,” ujar Kapolres.

Adapun kegiatan dilanjutkan dengan pertunjukan tarian dan persembahan seni bela diri silat yang dipersembahkan oleh peserta didik Taman Kanak Kanak Kartika.

Kegiatan diakhiri dengan pemotongan tumpeng oleh Danyon Armed beserta Ibu.

Penulis: Wahyu

Share :

Baca Juga

Polri

Personil Polsek SengahTemila Terus Lakukan Patroli Sambang dan Penggalangan

Polri

Polisi dan TNI Terus Sosialisasi dan Ingatkan Kembali Kepada Warga Untuk Cegah Karhutla

Polri

Inilah Yang Dilakukan Bhabinkamtibmas Dengan Warganya

Polri

Kanit Sabhara Terima Masyarakat  Berurusan di Kantor Kepolisian Sektor Mandor

Polri

Tadung Laksanakan Penggalangan ke Warga Desa Salatiga

Polri

Berlaga di Liga Bupati Landak I, Poplan Polres Landak Taklukan Emen United 3 – 1

Polri

Guna Mencegah Tindak Kriminal di Malam minggu Polisi Terus Lakukan Patroli

Polri

Aiptu Parluhutan Lakukan Penggalangan Dan Memberikan Himbauan Kepada Warga Di Dusun Jelayan Desa Meranti
error: Content is protected !!