Home / Kalbar

Kamis, 9 Januari 2020 - 19:01 WIB

Pesona Bukit Padakng Pakumbang Tempat Wisata Bak Negeri Diatas Awan

Oleh : JULIANA NOVIANTI

Negeri diatas awan, julukan dari masyarakat sekitar tentang bukit padakng. Nama “padakng” diambil dari bahasa subsuku dayak kanayatn di Kalimantan Barat yang artinya “Ilalang”. Bukti padakng merupakan hamparan ilalang yang tumbuh didaerah perbukitan yang sangat luas, lokasinya terletak di wilayah desa pakumbang kecamatan sompak kabupaten landak kalimantan barat.

Berjarak sektar 15 km dengan ibu kota kecamatan dan berjarak 10 km dari desa pakumbang, untuk bisa mencapai bukit padakng diperlukan waktu tempuh sekitar 2 jam dengan berjalan kaki, dimana medan yang dilalui berupa tanjakan perbukitan dan bebatuan disepanjang jalan dengan beberapa jurang disisi kiri kanan jalan.

Waktu terbaik untuk mengunjungi bukit padakng adalah setelah musim hujan selesai yaitu pada bulan april sampai bulan juni, hal ini dikarenakan hamparan ilalang menjadi sangat hijau dan terlihat subur dari hari lainnya yang semakin menambah indah pemandangan bukit padakng dan sekelilignya.

Hal menarik lainnya untuk menikmati keindahan alam bukit padakng adalah pada saat Sunset dan Sunrise. Saat menjelang matahari terbenam pengunjung akan melihat seolah matahari ditelan oleh bukit lain diseberang bukit padakng.

Baca juga  Karolin Akan Penuhi Janjinya Untuk Rakyat Kalbar

Saat menunggu matahari terbit pengunjung akan dibuat kagum dengan jejeran awan yang menutupi sekeliling pemandangan bukit padakng bak negeri diatas awan. Keindahan pesona alamnya, keindahan hamparan ilalang yang hijau di bukit padakng dan keasrian alam yang masih sangat terjaga keasliannya menjadi magnet tersendiri bagi para komunitas pencinta alam untuk menikmati langsung keindahannya. Tercatat ditahun 2019 ada beberapa komunitas yang mendaki dibukit padakng untuk berkemah dan road trip dengan bersepeda. Seperti yang dilakukan oleh komunitas JPMM dengan mengandeng 52 komunitas pendaki dengan mengusung tema “Mendaki Bersama” di bukit padakng (bukit ilalang) yang dilakukan pada bulan februari 2019. Downhil dari komunitas pesepeda MTB Equator dibulan oktober 2019 dan bukit padakng sudah masuk dalam video demo pariwisata Pesona Indonesia pada bulan juli 2019. Hal ini tentu merupakan suatu prestasi yang sangat membanggakan karena boleh dikatakan tempat wisata ini tergolong baru dan sudah mendapat banyak sorotan dalam kurun waktu satu tahun.

Baca juga  Karolin Akan Tata Dan Optimalkan Gawai Dayak Di Kalbar

Bukit padakng ini sendiri menjadi pembeda dengan tempat wisata yang ada Kabupaten Landak, seperti yang diketahui pariwisata Kabupaten Landak terkenal dengan “riam” atau air terjun, seperti riam solakng di kecamatan sengah temila, riam banangnar dan riam dait di kecamatan air besar.

Bukit padakng menawarkan pesona yang berbeda dengan keindahan hamparan ilalangnya dan membuktikan bahwa Kabupaten Landak memiliki potensi wisata lain yang tak kalah menarik dengan kabupaten lain yang ada di Kalimantan Barat. Jadi, bagaimana dengan kamu komunitas pencinta alam lainnya? ayo ajak komunitasmu untuk mendaki bersama ke Bukit Padakng (Bukit Ilalang) di pakumbang.

#injehdiriampuskalandak #ayokitamainkelandak

Share :

Baca Juga

Kalbar

Berbagai Terobosan Sutarmidji-Norsan Untuk Kalbar Baru

Kalbar

Tokoh Agama Kalbar Sabhan A Rasyid Berpulang

Kalbar

Warga Sintang Sambut Antusias Baksos Baguna Dan Relawan Karolin-Gidot

Kalbar

Kasdam XII/Tanjungpura : Prajurit Infanteri Selalu Siap Bertempur Bila Negara Memanggil

Kalbar

Koalisi Partai Pendukung Midji – Norsan Makin Solid

Kalbar

Hantam Trotoar, Laka Tunggal Selamat

Kalbar

Cornelis Serahkan Secara langsung Paket bantuan Untuk Masyarakat Bengkayang

Kalbar

Karolin – Gidot Bidik Sektor Kebudayaan Dan Parawisata Untuk Dongkrak PAD
error: Content is protected !!