Home / Pemda Landak

Selasa, 7 April 2020 - 10:44 WIB

Dinkes Landak Temukan 1 Orang Diduga Reaktif OTG

NGABANG – Dinas Kesehatan Kabupaten Landak telah menemukan 1 orang rekatif Orang Tanpa Gejala (OTG) di Kabupaten Landak. Menindak lanjuti penemuan ini pihak Dinas Kesehatan Landak telah melakukan Repid Test kepada yang bersangkutan.

“Memang benar ada golongan baru dalam proses peyebaran Covid-19    yaitu Orang Tanpa Gelaja kita singkat OTG. Dan ini menjadi perhatian serius bagi kita semua,” kata Kadis Kesehatan Landak Subanri, S.Si, M.Kes Selasa (07/04/20), di Poska Covid-19 Kabupaten Landak.

Dinas Kesehatan Landak, juga sudah mendistribusikan disemu Puskemas rawat inap di Kabupaten Landak berupa alat Rapid Test.  Kemudian kita test untuk diambil 4 sampel orang yang beresiko di Puskesmas oleh tim Dinas Kesehatan Kabupaten Landak.

Baca juga  Keren, Byonic Kalbar Gelar Baksos

“Beberapa Puskemas hanya diambil 1 sampel yang diduga ada reaktif. Akurasi dari Rapid Test akurasinya hanya 80 persen. Jika yang 100 persen pakai suap kita kirim di Jakarta,” jelas Subanri.

Dikabupaten Landak sendiri, telah ditemukan diduga 1 orang reaktif OTG dari hasil Repid Test. Kemudian dari temuan itu diperintahankan untuk melakukan isolasi diri karena sudah termasuk OTG.

“OTG ini orang tanpa gejala, sehat, tidak batuk dan lain-lain. Akan tetapi dirinya sudah membawa atau karier. Bisa saja dia telah terjadi komunikasi dengan derah zona merah, atau kasus-kasus positif,” kata Subanri.

Oleh karena itu, untuk memangkas terjadinya penyebaran virus Covid-19, maka sudah wajib masyarakat di Kabupaten landak ketika ke luar rumah untuk memakai masker mulai dari saat ini.

Baca juga  Mantan Ketua KONI Landak Tutup Usia

Isolasi OTG ini, tambah Subanri, selama 1 minggu. Pada hari ini juga, akan diambil suapnya  akan dikirim di Jakarta. “Isolasi ini harus bersama-sama keluargnya. Kita akan melakukn repid Tes 2, setelah 1 minggu  dari Repid Test pertama,” tegasnya.

Disinggung riwayat berpergian OTG ini? “Kami pada dasarnya minta kejujuran. Kalau sudah terindikasi  reaktif hasil Repid Test, saya minta tolong yang bersangkutan jujur sehingga kami bisa melakukan reching  kemana saja dia pergi,” jelasnya.

Penulis: hi74

 

 

Share :

Baca Juga

Pemda Landak

Sejarah Singkat Dan Ritual Adat “ Tumpang Negeri” Kerajaan Ismahayana Landak Yang Diakui Oleh Kementrian Pendidikan & Kebudayaan RI Menjadi Warisan Budaya Tak Benda

Pemda Landak

Tingkatkan Kualitas Karet, Pemkab Landak Jalin Mitra Dengan Perusahaan Karet Pontianak

Pemda Landak

Hari Ibu, Polwan Pakai Kebaya

Pemda Landak

Bupati Landak Buka Kegiatan Bursa Inovasi Desa Cluster V

Pemda Landak

Heriadi Tutup Turnamen Voly Selibong Cup

Pemda Landak

Heriadi Beri Penghormatan Terakhir Untuk SA

Pemda Landak

Bupati Landak : Warga Tionghoa Landak Jalin Kebersamaan

Pemda Landak

Lantik 201 ASN, Bupati Landak Minta Pejabat Memberikan Pelayanan Yang Optimal
error: Content is protected !!