Home / Nasional

Jumat, 1 Mei 2020 - 14:09 WIB

Parah, Iklan Lowongan Kerja Anjlok 70 Persen Akibat Corona

JAKARTA – Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat iklan lowongan kerja merosot 70 persen selama masa pandemi Covid-19. Sementara itu, jumlah perusahaan yang memasang iklan lowongan kerja berkurang 50 persen.

“Jadi dari sisi perusahaan memang kelihatan jumlah lowongan kerja turun,” ungkap Kepala BPS Kecuk Suhariyanto dalam rapat virtual bersama Komisi XI DPR, Kamis (30/4).
Penurunan lowongan kerja paling tajam berasal dari sektor akomodasi makanan dan minuman, perdagangan, dan pengolahan. Menurut Kecuk, data per sektor tersebut dapat menjadi salah satu rujukan pemerintah memetakan sektor terdampak parah Covid-19.
“Pergerakan di sektor ini jadi kunci penting mana-mana yang perlu intervensi supaya nantinya bisa terjadi pemulihan yang sangat cepat,” ujarnya.

Baca juga  KPK Segel Ruang Kerja Ketua Komisi B DPRD Jawa Timur

Berkurangnya jumlah lowongan kerja tersebut terkait dengan tekanan pada perusahaan imbas dari Covid-19. Bahkan, banyak pekerja yang terpaksa dirumahkan hingga Pemutusan Hubungan Kerja (PHK).

Sebelumnya, Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) mencatat total pekerja yang terkena PHK dan dirumahkan per 20 April 2020 mencapai 2,08 juta pekerja. Lebih dari setengahnya berasal dari sektor formal yang terkena imbas wabah virus corona.
Jumlah pekerja dari sektor formal korban PHK dan dirumahkan mencapai 1,54 juta orang. Kemudian, khusus di sektor informal jumlahnya sebanyak 538 ribu pekerja.

Baca juga  Jokowi Ajak Masyarakat Hentikan Sebar Hoax di Medsos

Sementara, jumlah perusahaan yang melakukan PHK dan merumahkan karyawannya tercatat sebanyak 116,37 ribu perusahaan. Angka itu terdiri dari 84 ribu dari perusahaan di sektor formal dan 31 ribu perusahaan di sektor informal. (CNNI)

Share :

Baca Juga

Nasional

Teror Radikalisme Menggerogoti Parpol di DPP Golkar

Nasional

Masyarakat Adat Dayak Se Indonesia Mendukung Pasangan Joko Widodo-KH. Ma’rup Amin

Nasional

Megawati Resmi Dilantik Jokowi sebagai Pengarah UKP-PIP

Nasional

Kasad Jenderal TNI Mulyono Berikan Penghargaan Kepada Anggota Yang Berprestasi

Nasional

Lagi Jaksa Ditangkap KPK, HM Prasetyo Gagal Pimpin Anak Buahnya

Nasional

Dua Nakes di Kalimantan Tengah Positif Covid-19

Nasional

Selamat, Polri Sabet Predikat WTP dari BPK untuk Ketiga Kal

Nasional

Pimpinan Sidang Pleno MUNAS 5 BYONIC,  Heri Irawan Wakili Kalimantan
error: Content is protected !!