Home / Nasional

Jumat, 1 Mei 2020 - 14:09 WIB

Parah, Iklan Lowongan Kerja Anjlok 70 Persen Akibat Corona

JAKARTA – Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat iklan lowongan kerja merosot 70 persen selama masa pandemi Covid-19. Sementara itu, jumlah perusahaan yang memasang iklan lowongan kerja berkurang 50 persen.

“Jadi dari sisi perusahaan memang kelihatan jumlah lowongan kerja turun,” ungkap Kepala BPS Kecuk Suhariyanto dalam rapat virtual bersama Komisi XI DPR, Kamis (30/4).
Penurunan lowongan kerja paling tajam berasal dari sektor akomodasi makanan dan minuman, perdagangan, dan pengolahan. Menurut Kecuk, data per sektor tersebut dapat menjadi salah satu rujukan pemerintah memetakan sektor terdampak parah Covid-19.
“Pergerakan di sektor ini jadi kunci penting mana-mana yang perlu intervensi supaya nantinya bisa terjadi pemulihan yang sangat cepat,” ujarnya.

Baca juga  Keputusan DKPP RI : KPU Landak dan Bawaslu Landak Tidak Terbukti Melanggar Kode Etik

Berkurangnya jumlah lowongan kerja tersebut terkait dengan tekanan pada perusahaan imbas dari Covid-19. Bahkan, banyak pekerja yang terpaksa dirumahkan hingga Pemutusan Hubungan Kerja (PHK).

Sebelumnya, Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) mencatat total pekerja yang terkena PHK dan dirumahkan per 20 April 2020 mencapai 2,08 juta pekerja. Lebih dari setengahnya berasal dari sektor formal yang terkena imbas wabah virus corona.
Jumlah pekerja dari sektor formal korban PHK dan dirumahkan mencapai 1,54 juta orang. Kemudian, khusus di sektor informal jumlahnya sebanyak 538 ribu pekerja.

Baca juga  32 MUI Daerah Desak Jokowi Batalkan Pelonggaran Transportasi

Sementara, jumlah perusahaan yang melakukan PHK dan merumahkan karyawannya tercatat sebanyak 116,37 ribu perusahaan. Angka itu terdiri dari 84 ribu dari perusahaan di sektor formal dan 31 ribu perusahaan di sektor informal. (CNNI)

Share :

Baca Juga

Nasional

Netizen Indonesia Terpopuler di Dunia

Nasional

Jamaah Haji Mulai Pulang ke Tanah Air

Nasional

Ini Dia Perkembangan Terkini Pemblokiran Akses Aplikasi Telegram

Nasional

Polisi Tangkap Dua Guru Ngaji Pelaku Bom Kampung Melayu

Nasional

Bupati Landak Tegaskan Pentingnya Komitmen Bersama Tangani Kependudukan

Nasional

Idul Fitri, Jokowi Tetapkan Lima Hari Cuti Bersama

Nasional

Pelantikan Presiden Digelar Usai Salat Dzuhur

Nasional

Gerakan Dayak Nasional Berlangsung Aman dan Damai, Pemuda Dayak Kalbar Ikut Menyampaikan Aspirasinya ke Istana Presiden RI
error: Content is protected !!