Home / Polri

Selasa, 26 Mei 2020 - 15:22 WIB

Polres Landak Gandeng RSUD Landak Toturial Penggunaan APD

NGABANG  – Guna mencegah penyebaran Virus Corona (COVID-19) di wilayah Hukum Polres Landak dan mencegah anggota tidak tertular virus Corona (Covid-19) maka di lakukan pelatihan pemakaian APD (Alat Pelindung Diri) dengan menggandeng pihak Rumah Sakit Umum Landak sebagai pemberi materi sekaligus mempraktekkan cara penggunaan Alat Pelindung Diri yang benar, Selasa (26/05/20).

Dalam pelaksanaan tutorial tersebut Kapolres Landak AKBP Ade Kuncoro Ridwan, S.I.K di wakilkan oleh Kabag Sumda KOMPOL H. Hasibuan dan pemateri Kepala Rumah Sakit Umum Landak Dr. Wahyu Purnomo, Sp.B didampingi oleh 3 orang perawat yang melaksanakan praktek tara cara penggunaan APD.

Adapun Perlengkapan APD yang di perkenalkan oleh Dr. wahyu ke setiap anggota antara lain Topi, Masker N-95, Kaca mata googles, sarung tangan, sarung sepatu, baju cover all dan sepatu boot.

Kapolres Landak AKBP Ade Kuncoro Ridwan, S.I.K melalui Kabag Sumda KOMPOL H. Hasibuan mengatakan bahwa kegiatan tutorial ini sangat penting di pahami oleh anggota agar tidak salah dalam bertindak di lapangan dan dapat melaksanakan prokol keamanan dalam melindungi diri sehingga tidak tertular virus covid-19.

Dr. Wahyu menyampaikan tutorial ini di bagi 2 yaitu materi dan tata cara pemakaian dan pelepasan APD yang nanti dibacakan oleh perawat dan nanti dalam pelaksanaan selain dari pihak Rumah Sakit juga diharapkan ada 2 orang anggota yang juga ikut praktek tata cara pemakaian dan pelepasan APD.

Baca juga  Sambang Warga Desa Binaan Bhabinkamtibmas Berikan Imbauan

“Tata cara menggunakan APD diawali dengan mencuci tangan dengan sabun di air yang mengalir ataupun menggunaan handsenitizer dilanjutkan menggunakan topi setelah itu gunakan masker N-95 – masker biasa kemudian gunakan kaca mata gugels setelah itu gunakan sarung tangan dan lengan baju dimasukkan dalam sarung tangan, gunakan sarung sepatu/alas sepatu, gunakan baju cover all dengan cara ambil sisi dalam dan gulung kemudian masukkan dari ujung kaki sampai kepala, gunakan sepatu boot, gunakan pelindung wajah kemudian sarung tangan steril, ” jelas dr. Wahyu.

Sedangkan cara pelepasan APD diawali dengan masukkan sepatu boot dalam wadah yang sudah tersedia berisi cairan disinfektan kemudian masukkan tangan yang masih menggunakan sarung tangan diwadah yang sudah terisi disinfektan atau pun dapat menggunakan handsenitizer, lepaskan sepatu di atas karpet karet yang sudah tersedia di atas lantai karet dan masukkan sepatu boot kedalam tong sampah infeksius, masukkan kedua tangan yang menggunakan sarung tangan ke wadah kedua yang sudah terisi disinfektan/gunakan handsenitizer juga bisa.

“Lepaskan sarung tangan pertama langsung buang ke tong sampah infeksius kemudian masukkan kembali tangan yang yang masih menggunakan masker ke wadah ketiga yang sudah terisi disinfektan/ handsenitizer, lepaskan pelindung wajah dan simpan diwadah dinsikpektan khusus alat, ” lanjut dr. Wahyu.

Baca juga  Kapolsek Meranti Pimpin Langsung Pengamanan Malam Takbiran

Kemudian lepaskan baju cover all dari depan ambil dari bagian kepala tarik kea rah belakang dan ambil sisi luar dan gulung dari sisi dalam, buang ke tong sampah infeksius/cuci tangan dengan handsenitizer setelah itu masukkan alas sepatu ke dalam wadah kedua dinsenfektan dan sambil masukkan tangan yang masih menggunakan sarung tangan kedalam wadah ke empat sudah terisi disinfektan/ handsenitizer.

“Lepaskan kaca mata gugelssimpan diwadah yang sudah terisi disinfektan khusus alat kemudian lepaskan masker biasa-masker N-95 buang ditong sampah, ” ujar dr. Wahyu.

“Setelah selesai buang semua APD yang telah digunakan dan lakukan penyemprotan disinfektan dilanjutkan membersihkan diri dan rendam pakaian yang kita gunakan”, tutupnya.

Kabag Sumda Polres Landak berharap materi yang telah disampaikan dr. Wahyu dapat dipahami dan dimengerti oleh seluruh anggota.

“Diharapkan anggota dapat memahami apa yang sudah di jelaskan oleh Dr. Wahyu dan dapat di praktekkan di lapangan dan selalu jaga jarak dengan orang lain maupun keluarga sebelum benar benar steril, ” ujar KOMPOL H. Hasibuan di akhir kegiatan tutorial tersebut.

Penulis : Unggul

 

 

Share :

Baca Juga

Polri

Polsek Ngabang Umumkan Layanan Gratis Kawal Jenazah

Polri

Personel Polsek Meranti Patroli Dialogis

Polri

Bhabinkamtibmas Polsek Menyuke, Sambang dan Dialogis Dengan Warga Binaan

Polri

Anggota Polsek Menyuke Rutin Laksanakan Patroli Malam Untuk Antisipasi Tindak Kejahatan

Polri

Langkah Progresif Polda Kalbar Bersama Lembaga Pemasyarakatan, Serius Perangi Narkoba

Polri

Bhabinkamtibmas Desa Ngarak Desa Mandor Sambang Duka

Polri

Terlambat Apel Seluruh Personil diberi Sanksi Oleh Waka Polres Landak

Polri

Ps.Kanit Binmas Ingatkan Warga Bahaya Karhutla
error: Content is protected !!