Home / Pemda Landak

Rabu, 27 Mei 2020 - 18:36 WIB

Bupati Landak Pastikan Bantuan Untuk Masyarakat Tidak Tumpang Tindih

LANDAK – Bupati Landak memastikan bahwa bantuan yang diberikan oleh Pemerintah untuk masyarakat tidak tumpang tindih. Hal itu ditegaskan Karolin saat turun langsung menyalurkan bantuan pangan di Desa Amboyo Inti beberapa waktu lalu (23/05/20).

“Kami upayakan agar bantuan tidak tumpang tindih. Jadi orang yang sudah mendapatkan satu jenis bantuan tidak akan mendapat jenis bantuan lainnya dan kami minta aparat desa serta masyarakat dapat mengawasi penyaluran bantuan tersebut,” tegas Karolin.

Dalam situasi penanganan COVID-19 untuk membantu masyarakat yang kehilangan mata pencaharian atau berkurang mata pencahariannya dalam situasi saat ini, pemerintah mulai dari tingkat pusat, Provinsi hingga Kabupaten telah memberikan banyak bantuan.

Bantuan-bantuan itu antara lain Bantuan Sosial Tunai (BST) dari Kementerian Sosial yang saat ini distribusinya dilakukan oleh kantor Pos kepada 22 ribu maayarakat Kabupaten Landak yang masuk dalam data maayarakat miskin Kabupaten Landak.

Selain itu, ada bantuan Program Keluarga Harapan (PKH), kemudian Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), hingga Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT DD).

“Selain daripada itu, kalau Bapak Ibu tidak mendapat bantuan BST dari Kemensos ini, masih ada lagi bantuan yang lain. Masih ada sekitar 13 ribu masyarakat Kabupaten Landak yang terdaftar sebagai penerima PKH, dan BPNT yang nanti dalam situasi COVID-19 ini ada penambahan,” terang Bupati Landak.

Baca juga  Sadar Bahaya COVID-19, Pemuda Kecamatan Menjalin Lakukan Penyemprotan Disinfektan

Mengingat BLT dana desa yang dianggarkan terbatas yaitu hanya 30 persen dari total anggaran dana desa, sehingga mungkin masih ada masyarakat yang belum mendapatkan bantuan. Tetapi Bupati Landak yakin jumlahnya sudah tidak banyak, dan masyarakat yang paling memerlukan sudah mendapatkan bantuan.

“Nah bantuan dana desa ini punya keterbatasan makaimal 30 persen yang dapat digunakan untuk memberikan bantuan tunai. Karena ada kuotanya mungkin masih ada yang tersisa yang belum mendapat bantuan, tetapi saya yakin jumlahnya sudah sangat sedikit. Dan saya yakin yang paling membutuhkan pasti sudah dapat,” kata Karolin.

Untuk itu pemerintah Kabupaten Landak juga menyediakan bantuan pangan berupa beras yang saat ini dalam proses penyaluran untuk masyarakat terdampak COVID-19.
[27/5 16:06] Decky Budeg: *Pemkab Landak Kembali Terima Sumbangan Dari Donatur*

*LANDAK* – Pemerintah Kabupaten Landak kembali menerima bantuan dari berbagai Donatur. Kali ini bantuan yang diterima yaitu berupa beras sebanyak 1 ton dan mie instan sebanyak 70 dus yang diberikan oleh Asosiasi Konsultan dan Kontraktor Kabupaten Landak yang diterima langsung oleh Bupati Landak di Posko Pusat Pengendalian dan Operasional COVID-19 Kabupaten Landak, Rabu (27/05/20).

Baca juga  Rebung Salah Satu Sayur Favorit Bupati Landak dr. Karolin

Selain itu, diwaktu yang sama bantuan juga diberikan oleh Kelompok Kerja Guru (KKG) Agama Katolik Kabupaten Landak/PAKAT berupa paket sembako sebanyak 60 paket yang setiap paketnya terdiri dari beras 5 kg, Mie Instan 5 bungkus, dan Minyak goreng 1 liter.

Terkait bantuan yang diberikan ini, Bupati Landak Karolin Margret Natasa sangat mengapresiasi para donatur yang telah berkontribusi bersama pemerintah kabupaten Landak untuk mau peduli membantu masyarakat yang terdampak pandemi COVID-19.

“Terimakasih kepada para donatur yang telah memberikan bantuannya kepada masyarakat melalui Pemkab Landak, ini sangat membantu kita dalam memberikan keringanan kepada masyarakat yang saat ini terdampak bencana COVID-19,” ujar Karolin usai menerima bantuan.

Lebih lanjut Karolin menyampaikan bahwa semua bantuan ini akan segera disalurkan kepada maayarakat yang membutuhkan agar manfaatnya benar-benar dapat dirasakan.

“Kita akan segera salurkan bantuan ini kepada masyarakat yang paling membutuhkan, semoga dapat sedikit meringankan beban masyarakat untuk memenuhi kebutuhan pokoknya, karena saat pandemi ini kondisi ekonomi masyarakat memang mengalami penurunan,” terang Bupati Landak.

Penulis: MC

 

 

Share :

Baca Juga

Pemda Landak

Direncanakan Tanggal 8 November,  Bupati  Lepas Kontingen Landak Porprov XII Kalbar

Pemda Landak

Upaya Pemkab Landak Cegah Penularan Covid-19

Pemda Landak

Hari Bhakti Adyaksa Ke-60, Bupati Landak : Kejaksaan Harus Lebih Dekat Dengan Masyarakat

Pemda Landak

HUT Bhayangkara Ke -72, Polisi Masih Membutuhkan Dukungan Dari Masyarakat

Pemda Landak

Kunker Bupati, Baru 12 Desa Laporkan Realisasi Pengunaan Dana Desa

Pemda Landak

Mantan Ketua KONI Landak Tutup Usia

Pemda Landak

Bupati Landak Dorong Masyarakat Kembangkan Kebun Sayuran

Pemda Landak

Bupati Landak Open House Natal 25 dan 26 Desember
error: Content is protected !!