Home / Pemda Landak

Sabtu, 20 Juni 2020 - 19:08 WIB

Bupati Landak Apresiasi Kebijakan Cepat Kemensos

LANDAK – Menanggapi laporan masyarakat terkait penyaluran Bantuan Sosial Tunai (BST) bahwa ada penerima yang tidak jelas dan ganda, Bupati Landak Karolin Margret Natasa telah melakukan koordinasi dengan Kementerian Sosial untuk menyikapi permasalahan ini. Dirinya mengapresiasi Kementerian Sosial yang cepat tanggap terhadap kondisi dilapangan dan telah menyetujui kebijakan pengalihan BST kepada penerima yang lebih berhak.

“Menyikapi laporan masyarakat, saya langsung berkoordinasi dengan Kemensos terkait pengalihan BST. Sehingga Kemensos menyetujui kebijakan pengalihan BST agar lebih tepat sasaran,” kata Karolin kepada Media Center, Jum’at (19/06/20).

Menurut Karolin yang menjadi permasalahan selama ini yaitu terkait update data penerima bantuan yang belum baik karena aplikasi yang ada belum sepenuhnya mengakomodir.

“Kemensos punya data masyarakat miskin, kita diminta update data, tapi aplikasinya belum bisa mengakomodir sehingga banyak data ganda dan masyarakat yang mampu mendapat BST, jadi ini yang masih harus kita perbaiki,” ujar Karolin.

Baca juga  Wabup Heriadi Dukung Tes Urine Eselon II, III dan IV

Setelah dilakukan koordinasi ini, Bupati Landak segera memerintahkan Dinas terkait untuk mengimbau desa-desa yang ditemukan keluarga penerima manfaat (KPM) nya tidak sesuai untuk melakukan pengalihan bantuan sosial tunai kepada masyarakatnya yang lebih berhak agar bisa tepat sasaran.

Salah satu desa di Kabupaten Landak yang sudah melakukan pengalihan BST yaitu Desa Hilir Tengah, Kecamatan Ngabang yang melakukan pengalihan sebanyak 16 keluarga penerima manfaat (KPM), penyerahan dilakukan langsung oleh Kepala Desa Hilir Tengah pada Jum’at (19/06/20) pagi.

Dilakukannya pengalihan bantuan sosial tunai ini karena telah ditemukan KPM yang tidak ditemukan alamatnya pada wilayah desa tersebut, selain itu juga ditemukan data yang ganda. Untuk itu maka segera dialihkan dan diganti kepada KPM lainnya yang lebih berhak.

Baca juga  Akibat Kelelahan,   Pahlawan Demokrasi Asal Desa Munggu Meninggal Dunia

“Setelah selesai penyaluran BST, jadi masih ada 16 kartu yang belum diambil, akhirnya ada informasi dari Dinas Sosial bahwa KPM yang belum mengambil, karena orangnya tidak jelas jadi bisa dialihkan ke KPM lain,” terang Kepala Desa Hilir Tengah Donatus Budianto kepada Media Center.

Lebih lanjut Budianto merangkan bahwa pengalihan BST ke KPM lain ini tentunya dengan memperhatikan peraturan dan kriteria yang telah ditentukan.

“Karena ada peraturan dari Kemensos, bahwa bisa dialihkan atau diganti orang. Kami juga untuk mengganti memang dicari dan disaring kembali yang belum pernah mendapatkan bantuan-bantuan lainnya,” ungkap Budianto.

Penulis: MC

Share :

Baca Juga

Pemda Landak

Koordinasi Bersama Kemenag dan Ormas Islam, Pemkab Landak Keluarankan SE Idul Fitri

Pemda Landak

Hari Pertama Masuk Sekolah, Ini Pesan Kasat Lantas

Pemda Landak

Bupati Serahkan 51 SK CPNS Landak

Pemda Landak

94 Milyar DAK Kabupaten Landak Dibatalkan

Pemda Landak

Ingin Motor Baru, Ayo….Buruan Tukar Tambah Segala Jenis Motor Bekasmu di Yamaha Landak Jaya Motor

Pemda Landak

903 Pelanggar Terjaring OPS Keselamatan Kapuas 2018 Polres Landak

Pemda Landak

Besok Atlit Selam Kabupaten Landak  Bertanding

Pemda Landak

Serahkan Bibit Padi, Bupati Landak Harapkan Petani Miliki Pola Tanam Baru
error: Content is protected !!