Home / TNI

Minggu, 12 Juli 2020 - 08:55 WIB

Perahu Satgas 641, Mudahkan Mobilitas Warga Perbatasan

Sanggau, Sabtu (11/7/20) – Satgas Pamtas Yonif R-641/Beruang menyerahkan bantuan perahu kepada masyarakat pedalaman di Dusun Gunjemak dan Dusun Guntembawang, Desa Suruh Tembawang, Kecamatan Entikong, Kabupaten Sanggau. Guna mempermudah transportasi alternatif bagi warga.

Kapten Inf Adi Prayogo, Komandan SSK IV Satgas Pamtas Yonif R 641/Bru menuturkan, bantuan berupa perahu tersebut mengingat sulitnya akses jalan darat dari kedua dusun untuk pergi ke Kota Kecamatan. Jalan yang berkelok-kelok, berbukit dan berlembah, apalagi disaat curah hujan cukup tinggi serta puluhan jembatan bambu semi permanen sepanjang jalan. Tanah yang berlumpur, licin dan beberapa kali terjadi longsor.

Baca juga  Anjas: Kepedulian Terhadap Kesehatan Adalah Kunci Pencegahan Covid-19

Lanjutnya mengatakan, kondisi ini sangat memprihatinkan apabila saat evakuasi darurat melalui jalur darat sulit dilakukan, sehingga mengharuskan proses evakuasi dilakukan melalui jalur sungai menggunakan perahu.

“Guna meringankan beban dan mempermudah akses mobilitas warga, Satgas Pamtas Yonif R-641/Bru berinisiatif untuk memberikan bantuan berupa perahu untuk masyarakat kedua dusun tersebut, agar bisa dimanfaatkan sebagai sarana transportasi alternatif,” katanya.

Ia menambahkan, kedekatan anggota Pos Guntembawang dengan masyarakat menciptakan ikatan emosional dan melahirkan solusi atas kesulitan yang selama ini dirasakan warga, yaitu sarana transportasi sungai berupa perahu.

Ditempat terpisah, Dansatgas Yonif R 641/Bru, Letkol Inf Kukuh Suharwiyono menyampaikan bahwa rencana pemberian bantuan perahu tersebut sudah lama, namun baru sekarang terealisasi.

Baca juga  Kodim 1201/Mph Fasilitasi Tempat Tinggal Tiga Pelajar Kurang Mampu

“Saya berterimakasih kepada warga kedua dusun yang ikut membantu menyelesaikan pembuatan perahu tersebut. Kalau kita bekerja bersama-sama, kesulitan apapun insya Allah akan teratasi,” kata Dansatgas.

“Satgas Pamtas TNI hadir di perbatasan untuk menjaga keutuhan wilayah kedaulatan negara dan untuk membantu kesulitan rakyat disekelilingnya,” ungkap Dansatgas. (Pendam XII/Tpr)

Share :

Baca Juga

TNI

Wakasad Hadiri Pembekalan Capaja Akademi TNI dan Akpol 2020

TNI

Pangdam XII/Tpr Hadiri Upacara Peringatan HUT ke-75 Kemerdekaan RI

TNI

Topdam XII/Tpr Ajak Warga Jaga dan Awasi Tapal Batas Negara

TNI

Silaturahmi Danrem 121/Abw dengan Forkopimda Sekadau

TNI

Lantik 550 Prajurit TNI AD, Pangdam XII/Tpr : Pegang Teguh Sapta Marga dan Sumpah Prajurit

TNI

Satgas Pamtas 407 Bekali Anak-Anak Perbatasan Ilmu Agama

TNI

Pangdam XII/Tpr : Sinergitas Tiga Pilar Berperan Besar Wujudkan Desa Mandiri

TNI

Pangdam XII/Tpr Hadiri Pengukuhan Pengurus Dekranasda Provinsi Kalbar
error: Content is protected !!