Home / Parlementaria

Rabu, 12 Agustus 2020 - 06:26 WIB

Pandangan Umum Fraksi Terhadap Raperda APBD Perubahan Tahun Anggaran 2020

LANDAK – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Landak kembali menggelar rapat paripurna dalam rangka mendengarkan pemandangan umum Fraksi-Fraksi DPRD Kabupaten Landak terhadap Raperda Inisiatif Eksekutif tentang perubahan Anggaran Pendapatan, dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Landak Tahun Anggaran 2020.

Rapat yang dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Landak Heri Saman ini didampingi Wakil Ketua, dihadiri Anggota DPRD Landak, Sekretaris DPRD Landak, Bupati Landak, Sekretaris Daerah Landak serta dihadiri oleh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Landak terkait, baik yang hadir secara langsung maupun secara virtual (vicon).

Dilaksanakannya rapat paripurna tersebut untuk menanggapi APBD perubahan Kabupaten Landak T.A 2020 yang telah disampaikan oleh Bupati Landak pada tanggal 10 Agustus 2020 kemarin.

Dalam rapat tersebut Ketua DPRD Landak Heri Saman menyampaikan bahwa pentingnya menyampaikan pemandangan umum seluruh fraksi pada DPRD Kabupaten Landak mengingat APBD Tahun 2020 ini perlu diadakan perubahan untuk digunakan menangani pemulihan ekonomi terkait pandemi COVID-19.

“Sebagaimana kita ketahui APBD kita tahun ini sudah beberapa kali mengalami pergeseran/refocusing karna adanya pandemi COVID-19, dan hari ini kita mengadakan rapat paripurna pemandangan umum dengan hasil bahwa seluruh fraksi dapat menerima perubahan ini untuk diteruskan pembahasannya seperti yang sudah disampaikan oleh Bupati Landak bahwa segi pendapatan kita mengalami penurunaan,” ucap Heri Saman, Selasa (11/08/2020).

Baca juga  Bupati Landak Panen Padi, di Penangkar Benih Kelompok Tani Coba Maju

Seperti diketahui bahwa dalam APBD Tahun 2020 untuk pendapatan ditargetkan, sebesar 1,4 Triliun mengalami penurunaan kurang lebih 100 miliyar lebih, menjadi 1,3 Triliun, Pendapatan Asli Daerah yang semula 101 Milyar maka dalam APBD perubahan ini menjadi 84 Miliyar.

Ketua DPRD Landak juga berharap pembahasan APBD perubahan ini dapat dilaksanakan dengan lancar supaya dapat disahkan bersama Pemerintah Daerah.

Sementara itu kesimpulan dari rapat paripurna tersebut secara umum bahwa seluruh fraksi mendukung adanya APBD Perubahan yang disampaikan masing-masing fraksi sebagai berikut :

Fraksi Partai PDI Perjuangan.
“Kita mendukung penyusunan perubahan APBD tahun anggaran 2020 ini akan tetapi perlu juga dilakukan penataan prioritas program yang benar-benar mendesak,” ucap Margareta.

Fraksi Partai Nasdem.
“Kami dari Fraksi Partai Nasdem menyambut baik sekaligus memberikan apresiasi kepada pihak eksekutif yang telah memprakarsai rancangan peraturan Daerah Kabupaten Landak tentang perubahan APBD Kabupaten Landak ini,” ucap Maraga Satrio Arjuna.

Baca juga  Rapat Bersama Dinkes, Komisi C DPRD Landak Bahas Stunting dan Penyakit TB

Fraksi Partai Demokrat.
“Fraksi Partai Demokrat dapat menerima dan sesuai dengan mekanisme dan peraturan Perundang-undangan yang berlaku sehingga dapat ditetapkan menjadi Peraturan Daerah (Perda) yaitu tentang APBD tahun anggaran 2020,” ucap Adrianus Andika.

Fraksi Partai Golkar.
“Fraksi Golongan karya menganggap penyampaian ini perlu di tindak lanjuti sebagaimana mestinya sesuai peraturan dan perundang-undangan,” ucap Lipinus

Fraksi Perindo PKB.
“Diperlukan penorganisasian antar kegiatan serta jenis belanja. Selain itu perlu juga dicek penyebab saldo anggaran lebih tahun sebelumnya,” ucap F. Romi Ginting.

Fraksi Partai Hanura.
“Kami menyetujui perubahan APBD ini, kemudian perlu juga menyandingkan antara fisik dan komponen pendapatan daerah dan belanja daerah,” ucap Agus Sudiono.

Penulis: MC DPRD  Landak

Share :

Baca Juga

Parlementaria

Bappeda Bersama DPRD Landak Menggelar Rapat Aplikasi Simda

Parlementaria

Bahas Pemekaran Kecamatan, DPRD Landak Kunjungan Kerja ke Mempawah Hulu

Parlementaria

Dua Begal Sadis Ditangkap, Satu Pelaku Ditembak

Parlementaria

DPRD Kabupaten Landak Pantau Posko Covid-19 Tiga Kecamatan Sekaligus Serahkan Bantuan

Parlementaria

Berusaha Kabur, Bandar Narkoba Tewas Diterjang Tima Panas

Parlementaria

Tokoh Adat Papua Tolak NRFPB

Parlementaria

Prajurit TNI Jakbar, Patroli Jaga Rumah Yang Ditinggal Mudik

Parlementaria

Ketua DPRD Landak Ajak Masyarakat Bahu Membahu Berantas Virus Corona
error: Content is protected !!