Home / Kab Landak

Senin, 24 Agustus 2020 - 09:30 WIB

Sedang Selesaikan Study S1, Sikanyot Tidak Bisa dihadirkan di Keraton Ismahaya Landak

NGABANG – Pangeran Ratu Setia Ismahayana Gusti Fikry Azizurrahmansyah dan adiknda Raja Ismahayana Landak Gusti Suryansyah (Alm)  Dra. Hj.  Utin Sri Lena Candramidi, M.Si memohoan maaf atas ketidak hadirannya dalam acara Ritual Cuci Benda Pusaka, Kamis (20/08/20).

Melalui Pangeran Cakre Ismahayana Gusti Agus Kurniawan, SE, M. Ap menyatakan  ketidak hadiran orang nomor satu di Kerajaan Ismahayana Landak ini bukan disengaja namun dikarenakan terkait sedang menyelesaikan study S1nya.

“Kebetulan saja saat akan digelar ritual cuci benda pusaka, Pangeran Ratu Ismayana sedang menyelesaikan study.  Sehingga keris Sikanyot tidak bisa dihadirkan di Keraton Ismahayana Landak, ” kata Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup (LH) Kabupaten Landak, yang didampinggi Pangeran Adipati Gusti Hermansyah.

Baca juga  Baznas Kabupaten Landak Kembali Serahkan Bantuan Tahap Ke -3 Kepada Para Du'afa

Lebih juah Agus menjelaskan  Keris Sikanyot apabila hadir di Keraton Ismahayana Landak Pengeran Ratu Ismahayana Gusti Fikry Azizurrahman harus hadir.

“Apabila kertis ada Ngabang maka Pangeran Ratu juga harus ada. Mendampinggi keris itu dan tidak bisan dilepaskan begitu saja.  Karena keris itu adalah waris dari kerajaan Ismahayana Landak.  Mudah-mudahan tahun depan bisa menghadirkan keris tersebut. Namun keris tersebut dimandikan di Pontianak, ” harap Agus Kurniawan.

Terkait perbaikan rumah kuning?  Agus menyatakan itu sah-sah saja.  Mengingat kondisi rumah tersebut sudah sangat sangat memprihatinkan untuk diperbaiki. Namun itu harus di ingat rumah kuning itu milik orang ramai.  Apapun terkait dengan kepentingan rumah kuning harus dapat persetujuan

Baca juga  Ditengah Covid 19, Dua Anggota Polsek Kuala Behe di Berikan Hadiah Naik Pangkat

dari beberapa dari ahli waris.

“Ahli waris ini ada 3 rumpun Utin Sumari, Gusti Amirudin Hamid, dan Gusti Hamidin. Yang mana ketiganya suduh almarhum. Yang ada hanya tinggal anak-anaknya. Lewat merekalah berembuk apa bila rumah kuning mau diperbaiki, ” jelas Agus.

Penulis: Hrs

Share :

Baca Juga

Kab Landak

Pengurus Dusun Dan Pemuda Pesayangan Lakukan Tes Suhu Tubuh Kepada Warganya

Kab Landak

Cornelis : Ikuti Anjuran Presiden, Dengan Menanam Tanaman Pangan

Kab Landak

Kerja dari Rumah, ASN DPPKP Tetap Wajib Absen Online  

Kab Landak

Jelang Idul Adha, Gas Tabung Melon Tembus Harga Rp.35.000 Pertabung di Landak

Kab Landak

Alhamdulillah Si Kanyut Mau Sekolah Agar Mengerti Sejarah

Kab Landak

SMKN 1 Ngabang Penerimaan Peserta Didik Baru Saat Pandemi

Kab Landak

Bawang Merah Masih Rp. 50.000/Kg

Kab Landak

Ini Dia Syarat Penerimaan Peserta Didik Baru SMKN Ngabang
error: Content is protected !!