Home / Polri

Minggu, 20 September 2020 - 19:24 WIB

Polsek Menjalin Klarifikasi Postingan Isu Hoax Bapak Perkosa Anak di Menjalin

Menjalin – Polsek Menjalin menindaklanjuti adanya postingan isu hoax yang berkembang di media sosial facebook dengan akun facebook bernama Eka Menjalin Tabangan yang memasang foto profile seorang wanita bernama EKA warga asal Dusun Tabangan Desa Menjalin Kec. Menjalin Kab. Landak, Sabtu Siang (19/09/2020).

Informasi adanya postingan berita hoax tersebut didapat dari hasil laporan cyber patrol akun medsos Polsek Menjalin yang menemukan adanya postingan akun medsos facebook yang berisi adanya seorang gadis yang di perkosa bapaknya dan sering mendapat perlakuan disiksa sehingga meminta pertolongan melalui postingan akun facebook.

Petugas melakukan profiling akun tersebut dan kemudian menemukan foto dan berkoordinasi dengan kadus dan warga setempat untuk mencari tau siapa pemilik akun medsos facebook tersebut.

Warga setempat yang awalnya sempat percaya isi postingan tersebut dengan mengeluarkan kata-kata kasar karena merasa resah dan kesal dengan perbuatan orang tua yang melakukan perbuatan pemerkosaan terhadap anaknya, Sdri EKA beserta orang tua di bawa ke Polsek Menjalin untuk di klarifikasi.

Baca juga  Bupati Landak Kick Off Pelaksanaan Sensus Penduduk September 2020

Dari hasil pemeriksaan dan keterangan yang diperoleh oleh penyidik pembantu Polsek Menjalin, Brigadir Oktavianto bahwa akun facebook yang membuat postingan isu hoax yang bernama Eka Menjalin Tabangan bukanlah milik Sdri EKA itu sendiri melainkan akun milik pacarnya Sdra SUKIRNO yang menggunakan nama dan foto profile miliknya.

“Korban dan Pelaku memiliki hubungan pacaran selama 4 (empat) bulan, Pelaku sebelumnya pernah mengajak menikah tetapi di tolak korban sehingga Pelaku mengubah akun miliknya dengan mengganti nama dan foto akun menjadi seolah-olah pemilik akun adalah korban karena merasa tidak terima penolakan ajakan menikah dan ingin mencemarkan nama baik korban”. Terang Brigadir Okta.

“Korban juga menerangkan bahwa dirinya mengenal pelaku bermula dari pertemanan facebook dan mengaku sudah 5 (lima) kali bertemu langsung dirumahnya 3 (tiga) kali dan di pontianak 2 (dua) kali.” tambahnya.

Baca juga  Polsek Patroli Ciptakan Kamtibmas Yang Aman

Saat ini Polsek Menjalin telah melakukan langkah awal yaitu memanggil, mengumpulkan keterangan saksi-sakai dan barang bukti serta membuat video klarifikasi sambil menunggu petunjuk koordinasi dengan Sat Reskrim Polres Landak terkait penanganan kasus ini.

Kapolsek Menjalin, Iptu Burhan Nuddin, S.H. meminta masyarakat warga setempat untuk tidak mudah percaya isu/berita hoax tersebut karena isi postingan tersebut sudah di klafikasi oleh yang bersangkutan dan dari hasil pemeriksaan dan penyelidikan awal Polsek Menjalin bahwa menyatakan Postingan tersebut adalah hoax atau tidak benar. Pungkas Kapolsek

Penulis : Oktavianto

Share :

Baca Juga

Polri

Kapolres Landak Sambangi Sanggar Seni Jawa

Polri

Polsek Mandor Mengadakan Lomba Adzan dan Wudhu

Polri

Brigadir Rony Memberikan Pelayanan Masyarakat yang datang di Mako Polsek Menjalin

Polri

Agar Siap Hadapi Pesta Demokrasi, Analisis dan Evaluasi Operasi Mantap Brata Dilaksanakan

Polri

Ini Arahan Kapolsek Mandor Saat Pimpin Apel Pagi

Polri

Masyarakat Sambut Baik Operasi Yustisi Protokol Kesehatan Di Kecamatan Meranti

Polri

Bhabinkamtibmas Berikan Himbauan Kamtibmas Dan Sosialisasi Saber Pungli

Polri

Bhabinkamtibmas Bripka Uber, Menyebar Maklumat Kapolri Agar Cegah Covid-19, Santi
error: Content is protected !!