Home / Internasional

Selasa, 22 September 2020 - 19:23 WIB

Kasus Corona Melonjak, Menkes Ceko Mundur

Jakarta – Menteri Kesehatan Republik Ceko, Adam Vojtech mengumumkan pengunduran dirinya secara mendadak. Ia memutuskan untuk mengundurkan diri setelah Ceko mencatat kenaikan kasus harian infeksi virus corona.

Ia menyebut pengunduran dirinya sebagai menkes tak lain untuk menciptakan solusi terhadap penanganan Covid-19.

“Saya menjalankan pekerjaan dengan hati dan (bersama) kolega saya. Banyak perubahan yang telah diterapkan dalam tiga tahun terakhir,” katanya dalam konferensi pers dadakan, Senin (21/9).

“Saya ingin berterima kasih kepada Perdana Menteri atas kepercayaan yang dia berikan kepada saya dan karena telah mempercayakan saya dengan manajemen ini. Terima kasih kepada paramedis atas pekerjaan mereka. Terima kasih kepada rekan-rekan saya di kementerian (kesehatan. Saya berterima kasih kepada semua warga yang mengatakan dukungan mereka kepada saya,” lanjutnya.

Data statistik Worldometers mencatat saat ini Ceko memiliki 50.760 kasus dengan 522 kematian. Lonjakan tertinggi infeksi corona harian di Ceko terjadi pada 17 September sebanyak 3.123 kasus baru.

Baca juga  Pemkab Landak Siap Salurkan BLT 600 Ribu/Bulan Untuk Masyarakat Terdampak COVID-19

Dikutip media Ceko, Expats cz, Vojtech mengatakan jika dia telah melakukan yang terbaik untuk mengelola epidemi Covid-19.

ia juga mengaku bangga dengan perubahan perawatan kesehatan yang terjadi selama dirinya menjabat sebagai menteri kesehatan.

“Saya tidak perlu malu,” ucapnya.

Menteri berusia 33 tahun itu menghabiskan kurang dari tiga tahun masa jabatannya sebagai menteri kesehatan sejak diangkat pada Desember 2017 oleh Presiden Milos Zeman.

Terkait pengunduran dirinya, ia mengatakan telah menyerahkan kepada Perdana Menteri Andrej Babis. Kendati tak lagi menjadi menkes, Vojtech akan tetap menjadi anggota parlemen di Dewan Deputi Ceko untuk partai ANO.

Menanggapi pengunduran diri Vojtech, Babis menyampaikan ucapan terima kasih atas kerja kerasnya selama ini.

“Terima kasih banyak kepada Adam Vojtěch atas pekerjaan yang telah dilakukannya pada perawatan kesehatan. Dia orang yang baik, jujur, dan pekerja keras. Saya yakin dia tidak harus mengerahkan seluruh energinya untuk memerangi virus corona, suaru hari dia akan dikenang sebagai menteri kesehatan terbaik,” tulis Babis dalam cuitannya.

Baca juga  Macron Sebut Rusia Terlibat Serangan Kimia di Suriah

Untuk mengisi kekosongan jabatan selepas kepergian Vojtech, kantor Presiden Zeman menunjuk Roman Prymula sebagai menteri kesehatan. Prymula merupakan ahli epidemiologi dan wakil menteri kesehatan.

Dilansir Xinhua, penunjukan Prymula barawal dari pencalonan PM Babis yang berharap menkes baru dapat menjalankan manajemen krisis sebagai inti dari programnya. Selain itu ia juga diharapkan bisa memastikan ketersediaan rumah sakit untuk merawat pasien Covid-19.

Prymula rencananya akan mulai mengisi kursi menteri kesehatan pada Selasa (22/9).

Pemerintah Ceko berupaya ingin meningkatkan komunikasi atas pembatasan terkait virus yang sempat menjadi sumber kritik utama bagi Vojtech. (CNN INDONESIA)

 

 

 

 

Share :

Baca Juga

Internasional

Demo Besar Landa 700 Kota di AS Tuntut Kontrol Senjata

Internasional

Indonesia Kecam Keras AS karena Pindahkan Kedutaan ke Yerusalem

Internasional

Duterte: Saya Ingin Seluruh Teroris Mati

Internasional

JK: Peredaran Senjata Bebas Persulit Damai di Marawi

Internasional

Atasi Isis, Meliter Tiga Negara Bentuk Operasi Indomalphi

Internasional

Turis Indonesia Diperkosa Warga Nigeria di Kamboja

Internasional

Iran Latihan Perang di Teluk Persia untuk Ancam AS

Internasional

Nenek Buyut 89 Tahun Diperkosa Pemuda, Pria Lainnya Malah Tertawa
error: Content is protected !!