Home / TNI

Sabtu, 17 Oktober 2020 - 21:20 WIB

Edukasi Warga ! Kodim Mempawah Buka Lahan Tanpa Bakar

MEMPAWAH  – Kodim 1201/Mph melakukan penanaman jagung dan singkong di Desa Wajok Hilir, Kecamatan Jongkat, Kabupaten Mempawah, keterangan waktunya. Penanaman ini merupakan bagian dari edukasi Pembukaan Lahan Tanpa Bakar (PLTB) bagi petani setempat.

Dandim 1201/Mph Letkol Inf Dwi Agung Prihanto mengungkapkan “, Pembukaan lahan dengan cara membakar memang dianggap lebih mudah, praktis dan ekonomis serta tidak memerlukan biaya mahal. Lain halnya dengan menggunakan metode tanpa bakar yang memerlukan biaya mahal dan peralatan modern (alat berat).”

“Namun, upaya tersebut harus tetap dicoba untuk dipraktikkan dan diaplikasikan kepada kelompok tani, sehingga nantinya program pertanian secara menetap bisa terwujud, baik pertanian jagung dan singkong maupun komoditi pertanian lainnya,” ucapnya.

Baca juga  Silaturahmi Pangdam XII/Tpr dengan PT. Garuda Indonesia

Terlebihnya, menurut Dwi Agung, melalui program Serbuan Teritorial TNI-AD, warga bisa memanfaatkan lahan pertanian yang bisa dikelola masyarakat. Di mana hasilnya bisa untuk kebutuhan hidup sehari-hari. “Rencana kami, lahan ini akan ditanami berbagai jenis tanaman seperti jagung dan Singkong,” tambahnya.

Sementara itu, Danramil Kapten Arm Buntoro Nugroho selaku koordinator penyiapan lahan tanpa bakar, menyampaikan kalau anggota TNI akan selalu bersinergi dan senantiasa membantu masyarakat.

Baca juga  Kipan A Yonif R 631/Atg Tebarkan Kebaikan di Bulan Puasa

Di sampaikan Danramil, Kegiatan ini yang merupakan salah satu upaya pimpinan TNI Angkatan Darat (AD) peduli terhadap masyarakat yang berada di pedalaman. Karena itulah, mereka berusaha untuk memanfaatkan lahan kosong untuk dijadikan lahan pertanian.

“Kami berharap warga masyarakat Desa Wajok Hilir bisa mengembangkan serta menjaga lahan pertanian yang sudah disiapkan. Mudah-mudahan hasilnya nanti dapat bermanfaat bagi warga di sini,” pungkasnya.

Penulis: PENDIM1201

Editor: One

Share :

Baca Juga

TNI

Pabung Kodim 1013/Mtw Dampingi Wakil Bupati Lepas Peserta STQ

TNI

Peduli Kesehatan, Kodam XII/Tpr Gelar Operasi Bibir Sumbing Gratis

TNI

Pangdam XII/Tpr : Tetap Jaga Netralitas dan Tingkatkan Kesiapsiagaan

TNI

Demi Pupuk Kebersamaan!, Dandim 1201 Ajak Anggotanya Makan Bersama

TNI

Ciptakan Kebersihan Lingkungan, Babinsa Segarau Parit dan Masyarakat Buat Tempat Sampah

TNI

Asistensi Penatausahaan dan Aplikasi Simak BMN di Kodam XII/Tpr

TNI

Satgas Pamtas Yonif R 301/PKS Terima Satu Pucuk Pistol Dari Warga Perumbang

TNI

Kodim 1011/Klk Bina Pemuda Pendaftar Seleksi Caba PK TNI AD
error: Content is protected !!