Home / Olahraga

Minggu, 3 Januari 2021 - 10:39 WIB

Menjaga Harapan MotoGP Indonesia di Mandalika

Jakarta – Kabar gembira bagi pecinta MotoGP tanah air soal Indonesia akan menjadi tuan rumah MotoGP 2021 adalah harapan yang harus dikelola.

Nama Mandalika International Street Circuit terpampang jelas dalam rilis resmi Dorna Sports pada 6 November 2020. Hanya saja, harapan menjadi tuan rumah MotoGP untuk kali pertama setelah 23 tahun harus diredam dahulu karena proses menuju ke sana masih berliku.

Posisi Mandalika disebut Dorna, selaku operator MotoGP, adalah cadangan. Mandalika bersama Algarve International Circuit (Portugal) dan Igora Drive Circuit (Rusia), ada dalam daftar tunggu. Sementara ada 20 seri balapan yang sudah dipastikan di MotoGP 2021.

“Kami punya dua balapan cadangan di Eropa, Portimao dan Rusia, dan Mandalika di Indonesia. Semua tergantung di mana ada celah dan kami akan memutuskan apakah perlu atau tidak memasukkan seri [cadangan] ke kalender,” ujar CEO Dorna, Carmelo Ezpeleta.

Baca juga  Rossi Pamer Seragam Baru di MotoGP 2021

Laiknya cadangan, maka harus menunggu waktu untuk masuk daftar inti. Perlahan, asa melihat Indonesia menjadi tuan rumah balap motor termahsyur muncul lantaran penyelenggara MotoGP Ceko yang digelar di Sirkuit Brno memutuskan mundur sebagai tuan rumah dalam seri balap 2021 lantaran masalah finansial sehingga tidak dapat merenovasi lintasan seperti permintaan Dorna.

Foto udara bentuk salah satu tikungan lintasan sirkuit saat pengerjaan lapisan atas badan jalan Mandalika MotoGP Street Circuit,  di The Mandalika, Pujut, Praya, Lombok Tengah, NTB, Minggu (20/12/2020).Saat ini konstruksi Jalan Kawasan Khusus (JKK) yang dapat berfungsi sebagai sirkuit jalanan MotoGP sepanjang 4,3 kilometer dengan 17 tikungantersebut ditargetkan rampung pada Juni 2021 dengan progres ground work atau pekerjaan tanah telah mencapai 94.3 persen dan pengerjaan untuk Jalan Spesifikasi Khusus telah mencapai 33.78 persen.ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi/hp.Perkembangan pembangunan sirkuit jalanan di Mandalika pada Desember 2020. (ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi/hp)

Baca juga  Hary Tanoesoedibjo Resmi Dikukuhkan jadi Ketum PB POBSI

Selain keputusan Brno mundur ada pula kemungkinan Argentina dan Amerika Serikat batal menggelar balapan MotoGP.

Share :

Baca Juga

Olahraga

UFC: Khabib Sudah Tak Semangat Lawan GSP

Olahraga

Timnas U-19 vs Bosnia: Momen Pahit Shin Tae Yong

Olahraga

Uji Coba Kontra Iran Bagian Dari Periodisasi Timnas U-23

Olahraga

Andrea Dovizioso Raih Kemenangan di Seri Pembuka MotoGP 2018

Olahraga

Statistik MotoGP Katalonia Sepanjang Masa

Olahraga

Pedrosa Rebut Pole Kedua

Olahraga

Laga El Clasico Barcelona vs Madrid Ditunda

Olahraga

Real Madrid Kehilangan Ronaldo
error: Content is protected !!