Home / Kalbar

Rabu, 24 Februari 2021 - 10:37 WIB

Pemerintah Kota Pontianak Fokus Tata Kawasan Wisata Tugu Khatulistiwa

PONTIANAK – Pemerintah Kota Pontianak pada 2021 kembali memfokuskan penataan kawasan pariwisata di daerah tersebut dan satu di antaranya Tugu Khatulistiwa.

“Kota Pontianak terkenal dengan julukan Kota Khatulistiwa. Dengan itu yang menjadi titik fokus kami dalam pengembangan pariwisata saat ini yaitu Kawasan Tugu Khatulistiwa,” ujar Kepala Bidang Pariwisata, Disporapar Kota Pontianak Zulkifli, di Pontianak, Selasa.

Zulkifli mengatakan pembangunan kawasan wisata Tugu Khatulistiwa tersebut sedang dalam proses. Langkah awal pihaknya akan melakukan penyelesaian lahan dengan cara tukar guling atau timbal balik karena daerah tersebut milik TNI AD.

“Adapun faktor yang menghambat dalam pembangunan destinasi wisata ini dilihat dari segi fisik ialah anggaran yang belum mencukupi karena banyaknya pengeluaran untuk keperluan COVID-19,” ujar Zulkifli.

Baca juga  Kapolsek Menyuke Imbau Masyarakat Untuk Menghentikan Aktifitas Penambang Emas Tampa Ijin

Menurut dia, di masa pandemi COVID-19 ini cukup sulit untuk menentukan target yang ingin dicapai, karena sedang banyak faktor yang harus dihadapi. Walaupun destinasinya bagus tetapi tidak bisa dikunjungi akan sulit juga untuk berkembang.

Selain itu dengan adanya peraturan dari pemerintah yang harus menjaga protokol kesehatan, dan mengurangi keramaian di tempat umum sehingga pengunjung berpikir lagi untuk berkunjung ke tempat tersebut.

“Yang terpenting adalah kesadaran masyarakat untuk menerapkan protokol kesehatan baik itu dari masyarakat maupun dari pelaku usahanya. Sehingga apa yang dijalankan bisa terlaksana,” tutupnya.

Baca juga  Komitmen Karolin Maksimalkan Potensi Ekonomi Masyarakat Sungai Kakap

Ia menambahkan penataan Tugu Khatuliswa akan ditunjang destinasi wisata lainnya seperti waterfront di pinggir Sungai Kapuas. Wajah destinasi wisata di Kota Pontianak tidak terlepas dari pesona dan aktivitas masyarakat di sungai sungai terpanjang di Indonesia tersebut.

“Kita mempunyai penunjang daya tarik seperti waterfront yang sampai sekarang banyak diminati pengunjung. Pemerintah terus membuat daya tarik dan mempercantik kota serta pelestarian menjadi hal yang diharuskan dan sangat penting,” katanya. (ANTARA)

Share :

Baca Juga

Kalbar

Bupati: Bentuk Karakter ASN Yang Profesional

Kalbar

Bruder Aloy, Pindah Tugas di Persekolahan Nyarumkop

Kalbar

Karolin-Gidot Kedepankan Kearifan Lokal dalam Mengelola SDA di Kalbar

Kalbar

Ketua Komisi II DPRD Prov Kalbar, Lakukan Tanam Perdana Keladi Pratama/Beneng Di Punggur Besar

Kalbar

Kapendam XII/Tanjungpura Lakukan Silaturahmi di Malam  Bulan Suci Ramadhan

Kalbar

Pertamina Siapkan SPBU 24 Jam Bagi Pemudik

Kalbar

Komitmen Karolin Maksimalkan Potensi Ekonomi Masyarakat Sungai Kakap

Kalbar

Karolin-Gidot Siapkan Sistim Pemerintahan Anti Korupsi
error: Content is protected !!