Home / Internasional

Kamis, 1 April 2021 - 07:45 WIB

Brasil Beri Izin Penggunaan Darurat Vaksin Johnson & Johnson

JAKARTA- Brasil memberikan izin penggunaan darurat vaksin covid-19 Johnson & Johnson pada Rabu (31/3). Vaksin corona sekali suntik itu merupakan vaksin keempat yang diberikan izin penggunaannya di negeri Samba.

Dilaporkan AFP, regulator kesehatan Brasil Anvisa menyatakan dewan memberikan persetujuan secara bulat untuk penggunaan vaksin bagi kelompok prioritas seperti tenaga kesehatan dan warga lanjut usia (lansia).

Brasil menandatangani kesepakatan dengan perusahaan farmasi AS itu dua pekan lalu untuk 38 juta dosis vaksin. Rencananya, vaksin mulai tiba pada Agustus mendatang.

Saat ini, Brasil kesulitan untuk mengamankan pasokan vaksin bagi 212 juta penduduknya. Di saat yang sama, kapasitas rumah sakit kian terbatas dalam melayani lonjakan kasus setiap harinya.

Baca juga  Peringatan Tsunami, WNI di Selandia Baru Diminta Evakuasi

Selain Johnson & Johnson, Brasil lebih dulu mengamankan 100 juta dosis vaksin Pfizer yang akan tiba sekitar April dan Mei. Brasil juga tengah mengajukan permohonan untuk vaksin Oxford/AstraZeneca dan vaksin buatan perusahaan China, CoronaVac. Kedua vaksin membutuhkan dua dosis untuk penggunaannya.

Hingga kini, baru 8 persen penduduk yang menerima dosis pertama vaksin dan 2,3 persen penduduk yang sudah menerima dosis kedua. Capaian itu masih jauh di bawah target Kementerian Kesehatan, seluruh penduduk dewasa sudah divaksinasi pada akhir tahun.

Baca juga  Warga Di Desa Binaannya Di Temui Oleh Bhabinkamtibmas

Kondisi ini memicu kritik publik terhadap kepemimpinan sayap kanan Presiden Jair Bolsonaro yang beberapa kali meremehkan virus tersebut. Ia menolak untuk membeli berbagai vaksin bahkan menyatakan tidak ingin divaksin.

Sementara, virus corona telah merenggut 317 ribu nyawa penduduk Brasil, kedua terbanyak di dunia setelah Amerika Serikat. (CNNI)

Share :

Baca Juga

Internasional

Trump Rilis Video Perpisahan, Panjatkan Doa Tanpa Sebut Biden

Internasional

Polisi Malaysia Geledah Apartemen Keluarga Najib Razak

Internasional

Demo Besar Landa 700 Kota di AS Tuntut Kontrol Senjata

Internasional

Erdogan Setujui Pengerahan Pasukan Turki ke Qatar

Internasional

Peringatan Tsunami, WNI di Selandia Baru Diminta Evakuasi

Internasional

Trump Ancam Gempur Rezim Suriah, Rusia Peringatkan AS

Internasional

Filipina Akan Habisi Perempuan dan Anak-anak yang Berperang untuk ISIS

Internasional

Saudi Beri Izin Umrah untuk Jamaah Sudah Divaksin Covid
error: Content is protected !!