Home / Kab Landak

Sabtu, 10 April 2021 - 17:38 WIB

Gusti Fiqry Azizurrahmansyah, S,Kom ditabalkan Menjadi Raja Keraton Ismahayana Landak Ke 41

*Bergelar Raja Iswaramahayana Dipati Karang Sari

 NGABANG ( LANDAK NEWS) – Gusti Fiqry Azizurrahmansyah, S,Kom ditabalkan menjadi Raja Keraton Ismahayana Landak ke 41. Prosesi penabalan Pangeran Ratu menjadi Raja Keraton Ismahayana Landak Sabtu (10/4), pagi bertempat di Keraton Ismahayani Landak, berlangsung  aman.

Prosesi Penabalan dilakukan oleh Pangeran Shri Mangku Adiningrat Kusuma Negeri, H. Gusti Nanang Mustafa.

Hadir dalam penabalan Bupati Landak Karolin Margret  Natasa, Para Raja di Majelis Kerajaan Kalimantan Barat: Raja Tayan Pakunegara, Panembahan Anom Gusti Yusri, SH, Pangeran Ratu Suryanegara Sanggau, Drs. H.Gusti Arman, M.Si, Pangeran Prabu Kesuma Negara VII Sintang, Raden Barrie Danu Brata, SE, MAP, Sultan Simpang Sukadana, Sultan Muhammad Hukma, SE, Kesultanan Pontianak diwakili Pangeran Mas Perdana Agung  Syarif Fewrry Alqadri, S.Kom, Raja Kubu, Syarif Syahril Al Qadrie, S.Sos, Ketua MABM Provinsi Kalbar Prof. Dr. H. Chairil Effendy, M.S, berserta jajaran, Ketua Majelis Kerajaan Landak, Prof. DR. Ir. H. Gusti Hardiansyah, M.Sc, QAM, IPU, Kerabat Inti, Kerabat Keraton Ismahayana Landak, para Tokoh Adat, Tokah Masyarakat, Tokoh Agama dan Tokoh Pemuda.

Usai pembacaan Ikrar Penabalan oleh Pangeran Shri Mangku, acara dilanjutkan dengan prosesi Tepung Tawar oleh Pangeran Shri Mangku. Kemudian dilanjutkan Penanda Tanganan Berita Acara Penabalan Pangeran Ratu Menjadi Raja Keraton Ismahayana Landak ke – 41.

Prosesi Tepung Tawar dan Penanda Tanganan Berita Acara Penabalan oleh Pangeran Shri Mangku, Bupati Landak, Majelis Kerajaan Kalbar,

Ketua Majelis Kerajaan Landak, Ketua MABM Kalimantan Barat, Organisasi  Kemasyarakat lainnya.

Dalam  sambutannya, Bupati Kabupaten Landak  dr. Karolin Margret Natasa mengatakan baru saja kita saksikan bersama, prosesi Penabalan Menjadi Raja, tentunya kegiatan seperti ini tidak setiap hari kita dapat saksikan.

“Tahniah ! Selamat mengemban amanah warisan leluhur Kepada YM. Raja Gusti Fiqry, Selamat Membawa Gelar RAJA ISWARAMAHAYANA DIPATI KARANG SARI, semoga dapat menjadi Raja Keraton Ismahayana yang bijak dan membawa kemajuan serta bisa bekerjasama dengan baik bersama Pemerintah Kabupaten Landak untuk memajukan pembangunan manusia, seni dan budaya kita,” doa mantan anggota DPR RI dua periode ini.

Baca juga  Peduli Banjir,  IKIP PGRI Pontianak Salurkan Sembako Ke Masyarakat Kuala Sengah

Ia menjelaskan Keraton Ismahayana Landak, merupakan salah satu bukti perjalanan bangsa ini, dari era kerajaan memerintah kemudian menjadi Negara Kesatuan Republik Indonesia.

“Keraton dimasa sekarang ini berfungsi menjadi salah satu Pelestari Seni dan Budaya, oleh karena itu kami Pemerintah Kabupaten Landak sangat mendukung Kegiatan Prosesi ini, tentunya menjadi pembelajaran sejarah khasanah budaya kita di Landak,” uangkapnya.

Ia berharap Kabupaten Landak  menjadi Kabupaten yang maju di berbagai bidang, untuk mencapai itu dibutuhkan kerjasama banyak pihak, kerja keras, kerja cerdas dan kerja tuntas.

“Tidak mudah, tapi sangat mungkin jika kita semua mau bergandengan tangan mewujudkannya.  Di masa Pandemi ini, banyak pembangunan tertunda, semoga kita semua bersabar, disiplin berusaha menghadapi Covid-19, penting bahwa kita semua mematuhi Protokol Kesehatan 5M,  sehingga kondisi ini dapat cepat berlalu dan kita bisa kembali normal melakukan pembangunan dengan maksimal,” tuturnya.

“Besar harapan kami, di masa Kepemimpinan YM. Raja Gusti Fiqry ini, Keraton Ismahayana Landak dapat lebih aktif lagi memberikan masukan dan dukungan kepada kepada Pemerintah Kabupaten Landak,” katanya.

Raja Keraton Ismahayana Landak  Gusti Fiqry Azizzurahmansyah, S.Kom dalam sambutanya  mengatakan orang yang berjasa besar dalam hidupnya adalah pertama ibundanya, kemudian yang kedua adalah neneknda Ratu Suri Setia  Ismahayana Hj. Taufikiah Amiruddin Hamid. Kemudian ibu bupati Karolin Margret Natasa.

“Saya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarya untuk ibu bupati  selaku kepala pemerintah derah Kabupaten Landak  atas dukungan materil dan moril terhadap acara ini dan Keraton Ismahayana Landak,” kata Raja Keraton Ismahayana Landak ini.

Raja berjanji  akan berkerjasama siap akan menjadi mitra pemerintah, bersinergi dalam mendukung program-program pemerintah.

Tak lupa ucapan terima kasih diberikan kepada raja-raja dan ratu ratu se Kalimantan Barat atas dukungan, kehadiran dan restu  pada acara penabalan di Keraton Ismahayan Landak.

“Teruatama keluarga besar Keraton Ismahayan Landak, Pangeran Mangku selama ini yang telah mendidik saya. Ketua Majelis Keraton Ismahayana Landak.   Ke empat  bibiknda yang telah membentuk diri saya. Kerabatan Keraton Ismahayana Landak, dan panitia  yang berkerja keras demi menyukseskan acara ini,” katanya.

Baca juga  Beri Himban Kamtibmas, Anggota Polsek Kuala Behe Patroli Dialogis

Terakhir Fiqry juga memohon dukungan dan masukan kepada sesepuh keraton Ismahayana Landak dan Keraton yang tergabung dalam Majelis Kerajaan Kalbar agar bisa memberikan bimbingan sehingga bisa selalu menjaga marwah sebagai penerus Keraton Ismahayana Landak.

Majelis Kerajaan Kalimantan Barat yang diwakili Pangeran Ratu Suryanegara Sanggau, Drs. H. Gusti Arman, M.Si dalam sambutannya menyampaikan agar pemerintah selayaknya memberikan perhatian kepada kerajaan-kerajaan yang ada di seluruh Indonesia.

“Saya percaya di bawah kepemimpinan Bupati Landak Ibu Karolin Margret Natasa Keraton Ismahayana Landak yang merupakan peninggalan sejarah ini bisa diberi perhatian lebih agar bisa tetap lestari,” ungkapnya.

Gusti Arman juga meminta agar para sesepuh, majelis keraton dan Bupati Landak sebagai orang yang dituakan agar bisa membimbing Gusti Fiqry mengingat usianya yang masih muda.

“Sekali lagi saya atas nama Majelis Kerajaan Kalimatan Barat mengucapankan selamat atas penabalan Raja Keraton Ismahayana Landak setelah mendapat restu, tungkat tawar dan penandatanganan pengesahan,” tutupnya.

Ditempat yang sama Ketua Panitia Pelaksana Utin Reja Putri, SH, MH, mengatakan adat adah warisan leluhur yang tidak bisa kita  pungkiri. Memberikan banyak makna dan  pencerahan dalam kehidupan. Berakar dari adat leluruh ini, tumbuh budaya yang menjadi kebangaan kita, yaitu bangsa Indonesia. Dari Sabang sampai tanah Papua.

“Budaya ini pula yang mempersatukan, bangsa kita sampai sekarang,” tegasnya.

Menghormati dan melestarikan adat budaya, itulah masud pada hari ini, mengundang bapak-bapak dan ibu-ibu untuk menghadiri  dan menyaksikan penabalan anada Pangeran Ratu Gusti Fiqry Azizurrahmansyah, S,Kom menjadi Raja Keraton Ismahayan Landak yang ke 41.

“Bersamaan penabalan ini bertepan dengan 10 April 2021 bertepatan dengan 27 Syaban 1440 hijriah adalah sebagi prosesi adat dilingkungan Keraton Ismahayana Landak sebagai pewaris  dari almarhum abangnda kami Pangeran Ratu H. Gusti Suryansyah,” katanya.

Usai penabalan Bupati Landak, berserta para raja-raja, dan undangan lainnya. Memberikan ucapan selamat dan berfoto bersama  Raja Keraton Ismahayan   Landak. (One)

Share :

Baca Juga

Kab Landak

UJB Organizer, Adakan Lomba Kontes Kicau Burung Mania Dalam Rangka Meriahkan HUT RI Ke 75 Tahun 2020

Kab Landak

Peduli Banjir, PCNU Kabupaten Landak Beserta Banom Salurkan Bansos

Kab Landak

Pelaporan SPT Tahunan Pribadi Dan Badan Tahun 2021 Terbilang Bagus

Kab Landak

Kembali Aliansi Peduli Kesehatan Kabupaten Landak Bagikan Masker

Kab Landak

Musrembang 2022, Distan Landak Siapkan 8 Program Utama

Kab Landak

Bupati Karolin Salurkan 2,2 Ton Beras Untuk 6 Desa Terdampak Banjir di Kecamatan Kuala Behe

Kab Landak

Komplek Terminal Ngabang Dilahap Si Joga Merah

Kab Landak

Sedang Selesaikan Study S1, Sikanyot Tidak Bisa dihadirkan di Keraton Ismahaya Landak
error: Content is protected !!