Home / Politik

Jumat, 23 April 2021 - 05:45 WIB

Partai Gelora Desak AS dan RRC Laksanakan Komitmen Mereka Dalam Upaya Atasi Perubahan Iklim

JAKARTA – Partai Gelora Indonesia memberikan apresiasi yang mendalam atas pertemuan Amerika Serikat dan Republik Rakyat Cina (RRC) membahas upaya bersama untuk mengatasi perubahan iklim di Shanghai minggu lalu.

“Partai Gelora Indonesia berpendapat bahwa AS dan RRC sebagai dua negara dengan perekonomian terbesar sekaligus penyumbang polusi terbesar di dunia merupakan kunci dari upaya bersama untuk mengatasi perubahan iklim dan dampak negatifnya,” kata Henwira Halim, Ketua Bidang Hubungan Luar Negeri Partai Gelora Indonesia dalam keterangannya, Rabu (21/4/2021).

Menurut dia, Partai Gelora  berharap AS dan RRC dapat mengesampingkan perbedaan-perbedaan yang ada untuk untuk melaksanakan komitmen mereka bersama dalam memimpin upaya global.

Yakni dengan mengembangkan teknologi ramah lingkungan, mengurangi polusi, dan membangun kesadaran akan dampak negatif perubahan iklim.

“Delegasi AS dipimpin  mantan Menteri Luar Negeri John Kerry dan delegasi RRC dipimpin Xie Zhenhua. Mereka sebagai Utusan Khusus untuk Perubahan Iklim negaranya, mengeluarkan pernyataan bersama yang menegaskan komitmen mereka untuk bekerjasama bersama-sama dengan negara-negara lain dalam mengatasi perubahan iklim,” ujar Henwira.

Karena itu, Partai Gelora mendesak pemerintah Indonesia untuk meningkatkan partisipasi aktif dalam upaya global mengatasi perubahan iklim dengan berkomitmen serius pada pengembangan dan penggunaan teknologi ramah lingkungan dan mengurangi pencemaran alam.

Baca juga  Konsisten Jadi Oposisi, PKS Ogah Temui Jokowi

“Bencana alam akibat cuaca buruk, pandemi, dan naiknya permukaan laut merupakan dampak negatif perubahan iklim yang tidak dapat diabaikan dan akan terus memakan korban jiwa serta menimbulkan kerugian ekonomi yang besar jika tidak segera ditanggulangi,” katanya.

Partai Gelora juga menegaskan komitmennya pada isu lingkungan dan perubahan iklim sebagai bagian penting dari upaya untuk memajukan dan mensejahterakan kehidupan bangsa dengan baik dan berkesinambungan.

Seperti diketahui, AS dan China ‘berkomitmen untuk bekerja sama’ terkait isu-isu perubahan iklim yang mendesak, kata kedua negara itu dalam pernyataan gabungan pada Sabtu (17/4/201).

Pernyataan itu disampaikan menyusul lawatan utusan khusus iklim AS, John Kerry, ke Shanghai.

“AS dan China berkomitmen untuk saling bekerja sama dan dengan negara-negara lain untuk mengatasi krisis iklim, yang harus ditangani dengan serius dan segera,” kata Kerry dan utusan urusan perubahan iklim Xie Zhenhua seperti dilaporkan AFP.

Baca juga  Bhabinkamtibmas Hadiri Kegiatan Rapat Perencanaan Pembangunan di SD Bina Setia Merada

Pernyataan gabungan itu mencatat beberapa upaya kerja sama antara AS dan China, dua negara dengan kekuatan ekonomi terbesar di dunia. Bersama-sama, kedua negara itu menghasilkan separuh emisi gas rumah kaca yang menyebabkan perubahan iklim.

Pernyataan kedua negara itu bahwa mereka akan ‘meningkatkan aksi masing-masing dan bekerjasama dalam berbagai proses multilateral, termasuk Konvensi Kerangka Kerja PBB terkait Perubahan Iklim dan Perjanjian Paris.

Sebelumnya,  para pejabat AS dan China juga telah melakukan pertemuan terlebih  dahulu di Alaska pada 18-19 Maret 2021. Pejabat pemerintah China mengatakan Negeri Tirai Bambu akan bekerja sama dengan AS dalam isu perubahan iklim.

Laporan itu menunjukkan adanya hasil positif dalam pertemuan tingkat tinggi yang sebelumnya bernuansa perselisihan.

Kedua belah pihak berkomitmen memperkuat komunikasi dan kerja sama pada bidang perubahan iklim. Kedua negara juga menggelar pertemuan untuk memfasilitasi aktivitas diplomat dan misi konsuler. (R)

Share :

Baca Juga

Politik

Tentukan Masa Depan Indonesia, Anis Matta: Perempuan akan Semakin Eksis di Pemilu 2024

Politik

Ketua PDI Perjuangan, Berpesan Agar Kader Tidak Euforia Sikapi Putusan MK

Politik

Partai Gelora Dorong Indonesia Jadi Kekuatan ‘Global Power dan Global Player

Politik

Pengamat Nilai Belum Ada Lawan Sebanding untuk Jokowi di Pilpres

Politik

Komisioner KPU dan Bawaslu Ditambah Usai Pilkada 2018

Politik

Mendengar Aspirasi Umat, Partai Gelora Apresiasi Keputusan Presiden Batalkan Perpres Miras

Politik

Gelar OK Gelora, Partai Gelora Pertemukan Gagasan Masyarakat untuk Jadikan Indonesia Kekuatan Lima Dunia

Politik

Pengamat UI: Karolin Diprediksi dapat Tiket PDI P Maju Pilgub Kalbar 2018
error: Content is protected !!