Home / TNI

Senin, 3 Mei 2021 - 20:54 WIB

Kasdam XII/Tpr Ikuti Vicon dalam rangka Penegakkan Disiplin Protokol Kesehatan dan Penanganan Covid-19 di Daerah

Kubu Raya, Senin (3/5/21) – Kepala Staf Kodam (Kasdam) XII/Tanjungpura, Brigjen TNI Djaka Budhi Utama, S.Sos., mengikuti video conference dalam rangka Penegakkan Disiplin Protokol Kesehatan dan Penanganan Covid-19 di Daerah. Vicon berlangsung dari Ruang Yudha Makodam XII/Tpr.

Rapat dipimpin oleh Menteri Dalam Negeri RI, Tito Karnavian. Dihadiri oleh Menteri Kesehatan, Menteri Agama, Menteri Perhubungan, Dansatgas Covid-19 Nasional, Kakorlantas Polri dan Asops Panglima TNI. Diikuti juga oleh Forkopimda seluruh Indonesia.

Mendagri, Jenderal (Purn) Pol. Tito Karnavian saat membuka rapat menyampaikan, sesuai dengan arahan dari Presiden agar semuanya menjelang hari raya Idul Fitri untuk mewaspadai penyebaran Covid-19.

“Menjelang hari raya banyak sekali kegiatan masyarakat yang mulai terjadinya kerumunan. Bukan hanya kegiatan keagamaan tetapi juga kegiatan perekonomian dan tradisi – tradisi lainnya,” kata Mendagri.

Oleh sebab tersebut, atas perintah Presiden, Mendagri meminta kepada para kepala daerah seluruhnya untuk tidak kendor dan lengah dalam hal penanganan Covid-19.

“Bahkan Presiden meminta kepada para Kepala Daerah untuk satu narasi yaitu untuk sebaiknya melarang mudik,” kata Jenderal (Purn) Pol. Tito Karnavian. (Pendam XII/Tpr)

Baca juga  Jelang Penerapan New Normal, Tim Gugus Tugas Covid-19 Kab. Sambas Terus Lakukan Patroli Gabungan

Pangdam XII/Tpr Berikan Pembekalan Pasis Dikreg XLVIII Sesko TNI Dalam Rangka Geladi Waskita Dharma

Kubu Raya, Senin (3/5/21) – Panglima Kodam XII/Tanjungpura, Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad memberikan pembekalan kepada Perwira Siswa (Pasis) Pendidikan Reguler (Dikreg) XLVIII Sekolah Staf dan Komando (Sesko) TNI dalam rangka Geladi Waskita Dharma. Kegiatan berlangsung secara virtual dari Ruang Rapat Puskodalopsdam XII/Tpr.

Geladi Waskita Dharma ini dilaksanakan untuk melatih Perwira Siswa dalam menyusun rencana untuk mengantisipasi terjadinya ancaman bersenjata maupun ancaman non militer. Dalam hal ini Kodam XII/Tpr menjadi obyek penyusunan rencana tindakan kontinjensi (Rentinkon) oleh para Perwira Siswa.

Pangdam XII/Tpr, Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad dalam kesempatan tersebut menyampaikan,  bahwa Kodam XII/Tpr memiliki wilayah teritorial yang mencakup dua provinsi yaitu Provinsi Kalimantan Barat dan Kalimantan Tengah. Pada wilayah Provinsi Kalbar terdapat Korem 121/Abw, 8 Kodim, 2 Kotamadya dan 12 Kabupaten, sedangkan wilayah Provinsi Kalteng terdapat Korem 102/Pjg, 7 Kodim, 1 Kotamadya dan 13 Kabupaten.

Selanjutnya, untuk wilayah Korem 121/Abw berada di Kalbar, secara geografis berbatasan dengan Negara Malaysia yang mempunyai garis batas sepanjang kurang lebih 966 Km. Oleh sebab itu, Kodam XII/Tpr bertanggung jawab dalam menjaga dan mengamankan perbatasan, karena di sepanjang perbatasan masih rawan adanya kegiatan ilegal maupun pelanggaran batas wilayah.

Baca juga  Koramil Jagoi Babang Sosialisasikan Protokol Kesehatan di Perbatasan

“Namun demikian, sampai saat ini situasi wilayah Kodam XII/Tpr sangat kondusif dan tidak ada kejadian menonjol yang dapat mengganggu ketertiban dan keamanan masyarakat di wilayah Kodam XII/Tpr,” kata Pangdam.

Pangdam XII/Tpr mengatakan, kegiatan Geladi Waskita Dharma merupakan momentum yang sangat penting untuk dapat dijadikan sebagai sarana mengaplikasikan pelajaran yang telah diterima dan kemampuan serta keterampilan para Perwira Siswa dalam menyusun rencana tindakan guna menghadapi kontijensi bagi Kotama Operasi TNI.

“Saya ucapkan terima kasih kepada Dansesko TNI telah memberikan perhatian kepada Kodam XII/Tpr sebagai objek dalam penyusunan Rentinkon Pasis Dikreg Angkatan ke-48 Sesko TNI TA 2021 dan merupakan suatu kehormatan bagi Kodam XII/Tpr mendapat kepercayaan dari Sesko TNI dalam penyelenggaraan kegiatan ini,” ucap Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad. (Pendam XII/Tpr)

Share :

Baca Juga

TNI

Kapendam XII/Tpr : TMMD 104 di Tiga Titik Wilayah Kodam XII/Tpr Resmi Dibuka

TNI

TNI Angkatan Darat Siap Bantu Pemerintah Daerah Dalam Pembangunan

TNI

Pangdam XII/Tpr Hadiri Fun Bike HUT ke-62 Pemprov Kalbar

TNI

Tim Wasev Tinjau Pelaksanaan TMMD Kodim 1204/Sgu

TNI

Pandemi Belum Berakhir, Koramil Sejangkung Terus Terapkan Protkes Kepada PMI di PLBN Aruk

TNI

Selenggarakan Komsos Kreatif, Kodam XII/Tpr Gelar Lomba Melukis Tingkat Pelajar

TNI

Berlangsung Dua Hari, Pelatihan Jurnalistik Kodim Mempawah Selesai Sabtu

TNI

Atlet Kodam XII/Tpr Raih Medali Emas Porprov Kalbar
error: Content is protected !!