Home / Kab Landak

Senin, 3 Mei 2021 - 16:56 WIB

Pelaporan SPT Tahunan Pribadi Dan Badan Tahun 2021 Terbilang Bagus

Kepala Kantor Pelayanan Penyuluh  dan Konsultasi Perpajakan (KP2KP) Ngabang Kabupaten Landak  L. Joko Tri Santoso. (Foto: One)

NGABANG (LANDAK NEWS) –  Kepala Kantor Pelayanan Penyuluh  dan Konsultasi Perpajakan (KP2KP) Ngabang Kabupaten Landak Kalimantan Barat L. Joko Tri Santoso menegaskan hingga akhir bulan April 2021, laporan SPT Tahunan di Kabupaten Landak terbilang bagus.

“Kalau untuk pembayaran datanya ada di Sanggau. Kita di KP2KP hanya sedekar pelayanan  dan penyuluhan. Namun kita ambil rata-rata pelaporan SPT luman bagus,” kata L. Joko Tri Santoso, diruangan kerjanya, Selasa (03/05/21).

Namun, dia mengakui, target ada 70 persen dari wajib pajak lapor SPT. Dari keseluruhan total dari 3 kabupaten yaitu  Kabupaten Landak, Kabupaten Sanggau dan Kabupaten Sekadau sudah mencapai angka 85 persen.

“Jadi kita sudah over target ditahun 2021 ini, “ ujarnya lagi.

L, sapaan akrab L. Joko Tri Santoso, juga mengakui banyak Effortnya , misalnya memang  jika kita giatkan secara Self Assessment saja  itu wajib pajak kesadaranya masih belum begitu bagus.

Baca juga  Pengawasan Orang asing Diperketat, Timpora Tingkat Kecamatan Dibentuk

“Misalnya pajak pribadi, pihak kita banyak nyasar ke ASN Pemda. Karena disitu memproteksi untuk kepatuhanya bagus. Untuk itu kita kerjasama dengan Diknas presentase pelaporanya sangat tinggi mendekati 100 persen,” katanya.

Terkait pelaporan TNI/Polri? L mengatakan ada kerjasama dengan pihak TNI/Polri.

“Rata-rata mereka sudah mandiri dan bagus bisa lapor sendiri. Misal Komposit 16 pihaknya melapor 100 persen, pihak Kepolisianpun sama tingat kepatuhannya tinggi,” bebernya.

Terkait pelaporan SPT untuk badan usaha? “Untuk pelaporan badan baru saja lewat masanya. Data saya belum lihat detilnya berapa. Tapi pelaporanya sebesar 1535 wajib pajak dari jumlah terdaftar 2824,” jawabnya.

Sementara itu adapun target angka mutlak ditetapkan untuk KP2KP Ngabang, sebesar 1807, artinya sudah hampir bagus atau hampir tercapai angka targetnya.

Baca juga  Pemkab Landak Laksanakan Sosialisasi Terkait Panduan Ibadah Ramadan

L mengatakan di Kabupaten Landak paling banyak  ketaan bayar pajak disektor jasa kontruksi. “Saya undang pihak JASA KONTRUKSI di Kabupaten  Landak ada 4 asosiasi. Yang paling banyak Gapensi, Gapeknas. Kita sih imbaunya jangan sampai lewat tanggal 30 April ini. Dari pihak KOPERASI  juga ada. Dan satu lagi dari pihak yayasan PAUD. Ada 3 sektor yang kita coba kerjasama supayan nanti tidak lewat batas waktu pelaporan SPT tahunnya,” jelasnya.

L menambahkan pihaknya juga Mapping untuk edukasi kepada pemeritah, ada beberapa yang memang terlihat tidak aktif, itu sebenarnya rill seperti apa. Kalau memang usahanya tidak aktif, disarakankan mengajukan non aktif sementara.

“Ini kita lakukan agar pihaknya tidak terbebani dari sangsi admistrasi sesuai dengan undang-undang yang berlaku,” tukasnya. (One)

 

Share :

Baca Juga

Kab Landak

Persiapan Wisuda Ke-V STKIP Pata Ngabang Lakukan Swab Kepada 164 Calon Wisudawan

Kab Landak

Pimpinan Cabang Fatayat NU Kabupaten Landak Bagikan Bingkisan Sembako

Kab Landak

Alhamdulillah Si Kanyut Mau Sekolah Agar Mengerti Sejarah

Kab Landak

UJB Organizer, Adakan Lomba Kontes Kicau Burung Mania Dalam Rangka Meriahkan HUT RI Ke 75 Tahun 2020

Kab Landak

Kerjasama Dengan Diskumindag Landak, Bea Cukai Aman Ratusan Slop Rokok Ilegel di Kota Ngabang

Kab Landak

MABM Kabupaten Landak Salurkan Bantuan DPD MABM Provinsi Kalbar

Kab Landak

Pendiri KBMN Resah Melihat Konflik di Keraton Ismahayana Landak

Kab Landak

20 Calon Anggota BPD Desa Raja Cabut Nomor Urut
error: Content is protected !!