Home / Kalbar

Senin, 3 Mei 2021 - 22:44 WIB

Pemkot Pontianak Gelar Pasar Murah Menjelang Lebaran

PONTIANAK (LANDAK NEWS) – Pemerintah Kota (Pemkot) Pontianak, menggelar pasar murah dengan menjual kebutuhan pokok (sembako) di halaman Kantor Camat Pontianak Kota, Senin, menjelang Lebaran atau Hari Raya Idul Fitri 2021.

Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono di Pontianak, Kalbar, mengatakan digelarnya pasar murah ini bertujuan untuk membantu meringankan beban masyarakat terutama masyarakat berpenghasilan rendah dalam memenuhi kebutuhan bahan pokok menjelang Hari Raya Idul Fitri.

Ia menambahkan, kehadiran pasar murah ini memang sangat dinantikan masyarakat, terlebih di tengah kondisi pandemi saat ini. Kualitas produk yang dijual di pasar murah ini pun sama baiknya dengan yang dijual di pasaran.

Edi menyatakan, ada enam kecamatan yang akan digelar pasar murah serupa, dan menekankan agar setiap kegiatan pasar murah, masyarakat tetap mematuhi protokol kesehatan. “Intinya pasar murah berjalan tetapi protokol kesehatan tetap harus dipatuhi,” ujarnya.

Produk yang dijual pada pasar murah selisih harganya terbilang lumayan, seperti beras premium di pasaran seharga Rp13 ribu per kilogram, di pasar murah hanya seharga Rp10 ribu hingga Rp11 ribu per kilogramnya dengan kualitas yang sama, kemudian daging beku, masyarakat cukup menebus Rp80 ribu per kilogram, telur per biji di pasaran paling murah seharga Rp1.500 hingga Rp2 ribu, di pasar murah hanya Rp1.300 per butir. “Operasi pasar murah ini juga bagian dari penyeimbang sehingga di pasar besar dan pengecer tidak terjadi gejolak harga,” katanya.

Baca juga  Martina Robina Siap Patuhi dan Laksanakan Prokes Cegah Penyebaran Covid-19

Dia menambahkan, kegiatan pasar murah ini diharapkan mampu menstabilkan harga dalam rangka pengendalian inflasi di Kota Pontianak. Dengan harga yang terjangkau, masyarakat mempunyai kesempatan untuk memenuhi kebutuhannya di bulan Ramadhan maupun Idul Fitri nanti. “Saya mengajak pengusaha besar seperti agen untuk turut berpartisipasi terlibat dalam pasar murah ini sebagai wujud kebersamaan berbagi di Bulan Ramadhan dan Idul Fitri,” kata Edi.

Kegiatan pasar murah tersebut menggandeng perusahaan swasta, BUMN dan BUMD yang ada di Kota Pontianak, di antaranya PT Wilmar, Alfamart, Hypermart, Bulog, Bank Indonesia, Perumda BPR Khatulistiwa dan Bank Kalbar.

Sumarni (50), salah seorang warga yang berbelanja di pasar murah mengatakan, dirinya membeli kebutuhan pokok seperti telur, minyak goreng, sirup dan paket kebutuhan pokok yang dijual di sana. “Barang-barang pada pasar murah lebih murah sedikit dibandingkan harga di pasaran,” katanya.

Baca juga  Panglima Kodam XII/Tanjungpura Lakukan Panen Bersama Warga Dusun Tapang Sebeluh, Ini Penjelasan Kapendam

Namun untuk paket yang dijual oleh sebuah perusahaan toko modern pada pasar murah, dikatakannya selisih harga jauh lebih murah dari harga di pasaran. Perbedaan harga yang lebih murah itu dinilainya sangat membantu masyarakat seperti dirinya di tengah kondisi pandemi seperti sekarang ini. “Belanja di pasar murah lumayan bisa menghemat pengeluaran,” katanya.

Kepala Dinas Koperasi Usaha Mikro dan Perdagangan (Diskumdag) Kota Pontianak, Junaidi mengatakan, pasar murah yang digelar ini tersebar di enam kecamatan. Bahan kebutuhan pokok yang dijual di pasar murah di antaranya beras, tepung terigu, gula, minyak goreng, telur, daging beku dan sebagainya. “Hal ini untuk memenuhi kebutuhan masyarakat pada saat Ramadan dan menjelang Idul Fitri,” katanya. (ANTARA)

Share :

Baca Juga

Kalbar

Karolin Ajak Generasi Muda Untuk Aktif Melestarikan Budaya

Kalbar

Karolin Himbau Rakyat Kalbar Tidak Terpancing Isy Politik Yang Menyesatkan

Kalbar

Dihembusi Dinasti Politik, Begini Penjelasan Karolin

Kalbar

LAKI Sesalkan Paslon Tidak Hadir Kegiatan Dari KPK

Kalbar

Polisi Tangkap Pencuri di Peruan Dalam

Kalbar

Polsek dan Koramil Kompak Latih Paskibra Jelimpo

Kalbar

Karolin Buktikan Miliki Jaringan Kuat Ke Pemerintah Pusat

Kalbar

Ardi Pemuda Perbatasan Entikong Serahkan Peninggalan Orang Tua Secara Sukarela Kepada Satgas Kodam XII/Tanjungpura
error: Content is protected !!